Mahasiswa Fakultas Hukum UPR Raih Tiga Prestasi Sekaligus

PALANGKARAYA – Pencapaian prestasi dibindang akademisi yang diraih oleh sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya (FH-UPR) patut mendapatkan apresiasi.

Prestasi yang diraih yakni Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Palangka Raya Tahun 2024, Penghargaan Debater Terbaik Fakultas National Universiti Debating Championship 2024 dan Penghargaan Pendebat Terbaik Tingkat Fakultas Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia.

Dari pencapaian prestasi mahasiswa tersebut secara tidak langsung mempengaruhi peningkatan terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) Dekan FH-UPR dan IKU Rektor UPR.

Dekan FH-UPR, Prof.Dr.H. Suriansyah Murhaini,SH,MH melalui Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Tahasak Sahay,SH,MH menyampaikan rasa bangga terhadap mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil meraih prestasi.

“Kita berharap kedepan prestasi ini akan terus ditingkatkan sehingga pencapaiannya pun akan lebih baik lagi. Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari Wakil Dekan II bidang Umum dan Keuangan pak Agus Mulyawan,SH,MH,” kata Tahasak.

Sementara itu, Wakil Dekan II bidang Umum dan Keuangan pak Agus Mulyawan,SH,MH menyampaikan hal senada bahwa prestasi yang diraih tentuanya patut diberikan apresiasi.

“Bantuan yang kita berikan tidak seberapa dibandingkan dengan prestasi yang diraih. Kita masih mempelajari bagaimana mahasiswa berprestasi kedepanya ada penurunan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT),” kata Agus.

Tidak hanya itu saja, Agus berharapa mahasiswa yang berperstasi ini dapat mendalami adanya kententuan aturan bahwa tugas akhir tidak harus membuat skripsi.

Dalam artian bahwa pencapaian prestasi yang diraih tersebut dapat diteruskan dan dikembangkan sebagai tugas akhir pengganti skripsi seperti membuat jurnal, Prototype, prosiding, porpopolio dan lain-lain.

“Peran kemahasiswaan sangat besar dalam mendukung penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Saya juga berharapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bisa membuat inovasi,” bebernya menambahkan.

Hal ini lanjutnya lagi, hendaknya sudah bisa dipelajari dan dipersiapkan, sehingga mahasiswa kedepnya depat dikembangkan sebagai tugas akhir pengganti skripsi, tentunya sesuai dengan bidang keilmuanya dan sudah menentukan dosen pembimbingnya.

Mahasiswa yang berhasil meraih prestasi yakni Benaya Milionhart berhasil meraih penghargaan Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Palangka Raya Tahun 2024.

Mahasiswa atas nama Rina Seruyana dan Abed Nego Marpaung berhasil meraih penghargaan Pendebat Terbaik Tingkat Fakultas Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia.

Mahasiswa atas nama Patmawati, Muhammad Barnes Arya Satya dan Septia Dinda Saputri berhasil meraih penghargaan Debater Terbaik Fakultas National Universiti Debating Championship 2024.

Mewakili sejumlah mahasiswa, Benaya Milionhart ketika diwawancarai menyampaikan bahwa Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Palangka Raya Tahun 2024 merupakan ajang tertinggi yang diikuti di tingkat masing-masing Fakultas.

“Penilaianya mencakup tiga hal yaitu Gagasan Kreatif, Kreasi Cepat dan Kemampuan berbahasa inggris,” kata Benaya.

Dirinya mengakui bahwa ketika mengikuti kompetisi mengalami kesulitan ketika membuat sebuah naskah yang akan dipresentasikan. Ditambah lagi naskah yang disadurkan sesuai dengan bidang keilmuan.

Adapun judul berita yang diikutkan ketika itu ujarnya menambahkan yakni berupa sebuah aplikasi dalam mempermudah bertransaksi untuk pelaku UMKM.

“Jadi setiap transaksi bisa langsung diawasi secara ketentuan hukum. Saya berharap aplikasi ini bisa dikembangkan kedepanya, karena aplikasi ini dapat mempermudah pelaku UMKM dalam pemahaman hukum,”tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: