Pemerintah Provinsi Pastikan Program Optimalisasi Lahan Rawa Tidak Masuk Kawasan Hutan

PALANGKARAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memastikan program optimalisasi lahan rawa seluas 81 ribu ha lebih yang berada di 10 Kabupaten tersebut berada di kawasan lahan eksisting.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertanian (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah, Sunarti bahwa saat ini tengah dilakukan survei investigasi desain.

“Kalau dilahan sawah dipastikan tidak ada bermasalah karena berada dikawasan non hutan dan kita menyampaikan program tersebut per poligon,” kata Sunarti di Palangkaraya, Selasa (02/4/2024).

Pihaknya menegaskan bahwa dalam program tersebut tidak ada proses alih pungsi kawasan. Mengingat kawasan yang nantinya akan dikola merupakan luasan baku sawah yang ada di Kalimantan Tengah.

Berdasarkan hasil survei investigasi desain sampai dengan saat ini, Ia menyampaikan bahwa dari 81 ribu lebih luasan kawasan yang dikelola nantinya, sudah mencapai dikisaran 33 ribu ha lebih.

“Peroses SID kita berkerjasama dengan Perguruan Tinggi UGM, Universitas Brawijaya, UPR juga ada, biar prosesnya bisa cepat,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: