Pj Bupati Indra Gunawan Apresiasi Tingginya Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan mengaku bersyukur karena pelaksanaan pencoblosan Pilkada di Kabupaten Barito Timur berlangsung sukses dan aman.

Pj Bupati Indra Gunawan juga mengapresiasi masyarakat Barito Timur karena tingkat partisipasi masyarakat mencapai 84 persen dari jumlah hak pilih. KPU Barito Timur berhasil mengajak masyarakat untuk datang ke TPS masing-masing.

Nantinya kata Indra, tingkat partisipasi pemilih untuk menggunakan suaranya pada pemilu serentak itu juga telah dilaporkan ke Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Kalimantan Tengah.

“Tingkat partisipasi delapan puluh empat persen artinya suatu keberhasilan sosialisasi pada seluruh lapisan masyarakat berapa pentingnya pemilu. Yang akan memilih pimpinan kita ke depan, baik itu presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten,” kata Indra, Jumat (16/2/2024).

Dikatakannya, indikator keberhasilan partisipasi pemilih untuk datang ke TPS sangat tinggi. Perbandingan signifikan tergambar dari meningkatnya prosentase pesta demokrasi terakhir pada tahun 2020 yang hanya mencapai kurang lebih 77 persen.

“Tentunya ini juga keberhasilan dari para petugas penyelenggara KPU, Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat yang menginformasikan bahwasanya pentingnya partisipasi pencoblosan di bilik pemilu,” katanya.

Dirinya mengharapkan, tingginya partisipasi pemilu itu juga hendaknya bisa diwujudkan pada pemilih kepala daerah (Pilkada) mendatang yang diprediksi pada bulan September mendatang sesuai undang-undang KPU.

Kemudian, ujarnya, ada pembicaraan sampai tingkat nasional pilkada bergeser di bulan November 2024.

“Kita menunggu saya keputusan yang tepat. Dan minimal (partisipasi) pada pilkada sama dengan Pemilu karena kita akan memilih calon kepala daerah yang mumpuni supaya Barito Timur lebih maju dan sejahtera masyarakat,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: