Selama Tahun 2023 Tercatat Layanan Rehabilitasi Rumah Sakit Mencapai 166 Orang

PALANGKARAYA – Berdasarkan survey Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Pusat Statistik (BPS) selama tahun 2023.

Tercatat bahwa dalam kurun waktu 12 bulan terakhir 2023, penduduk usia mulai 15 tahun sampai dengan 64 tahun terdapat 173 orang terpapar narkoba.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNP) Kalimantan Tengah, Joko Setiono, SH., SIK., M. Hum saat menggelar press release pencapaian kinerja tahun 2023, Rabu (27/12/2023)

“kejahatan narkotika merupakan extraordinary crime yang menjadi perhatian seluruh negara di dunia,” kata Joko di Jalan Tangkasiang no. 12 Kota Palangkaraya.

Joko juga menjelaskan bahwa layanan rehabilitasi Rumah Sakit RSUD Kalimantan Tengah sejak tahun 2023 mencapai 166 orang.

Terdiri dari 131 orang atau 79 persen rawat jalan dan 35 orang atau 21 persen rawat inap/di rujuk.

Mempermudah aksesibilitas masyarakat terhadap layanan rehabilitasi. BNN Provinsi Kalteng bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“dalam hal ini RSUD, serta lembaga rehabilitasi komponen masyarakat (LRKM) dalam mendirikan tempat rehabilitasi di kota/kabupaten,” bebernya menambahkan.

Dari hasil kerjasama tersebut lanjut Joko lebih dalam, saat ini telah diresmikan 3 tempat rehabilitasi LRIP dan 1 LRKM.

Dalam upaya mencegah peredaran narkotika, pihaknya juga Ia juga melakukan koordinasi dengan wilayah perbatasan.

Peningkatan kerjasama antara pihak berwenang dari kedua wilayah dapat memperkuat pengawasan dan meminimalisir risiko masuknya narkoba dari luar.

“Kami berharap sinergitas dengan para stakeholder dan seluruh komponen masyarakat dalam upaya P4GN dapat berjalan secara konsisten dan berkesinambungan,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: