Pj Bupati Buka Kegiatan MUI

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan foto bersama dengan kegiatan.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Timur menggelar konsolidasi keumatan dan Kebangsaan Majelis Indonesia, yang dihadiri dan dibuka Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, bertempat di aula Hotel Ade Tamiang Layang.

Kegiatan tersebut dihadiri pula, Ketua DPW MUI Provinsi Kalimantan Tengah, unsur FKPD, staf ahli Bupati, Kepala OPD, pengurus DPD MUI Barito Timur dan para tamu undangan.

Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyampaikan atas nama pribadi, pemerintah daerah dan masyarakat Barito Timur mengapresiasi kegiatan ini dengan baik.

“Semoga kepengurusan MUI Kabupaten Barito Timur ke depan lebih maju dan sukses dalam mengemban tugas-tugas dan fungsinya, baik sebagai wadah musyawarah dan silahturahmi para ulama, zu’ama dan cendikiawan muslim, maupun sebagai wadah yang mewakili ummat Islam dalam hubungan dan konsultasi antar umat beragama, serta sebagai pemberi fatwa kepada umat dan pemerintah,” kata Indra Gunawan, Selasa (19/12/2023).

Sebab, ujar Indra Gunawan, memang itulah tugas dan fungsi yang harus diemban oleh MUI di semua tingkatan, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota dan kecamatan.

“Yakni program kerja, dana yang memadai, dan adanya kerja sama yang baik,” katanya.

Kata Indra Gunawan, program kerja merupakan instrument yang menggambarkan apa yang harus dilakukan oleh MUI Barito Timur, apa program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang ke depan.

“Hal itu agar dapat terlaksana dengan baik, dan hendaknya program MUI Barito Timur disusun secara sederhana dan sesuai kondisi objektif di daerah Kabupaten Barito Timur,” ujarnya.

MUI harus mampu menggali sumber-sumber dana umat melalui peningkatan kegiatan dan penggalian zakat, infaq dan shadaqah.

“Oleh karena itu, kami berharap ke depan agar MUI mampu memberikan motivasi dan berfungsinya lembaga-lembaga sosial keagamaan seperti Bazis dan UPZ secara rutin, teratur, dan terarah,” harapnya.

Ujar Pj Bupati Barito Timur, sebagai organisasi yang bersifat keagamaan, kemasyarakatan dan independen, MUI Barito Timur harus mampu memupuk dan menumbuhkan kerja sama yang baik dalam setiap langkah dan pelaksanaan program kerjanya.

“Kerjasama itu harus dibangun secara sinergis dan harmonis, baik antar pengurus harian dengan bidang-bidang maupun antar bidang yang satu dengan bidang yang lainnya, sehingga menciptakan suatu tim kerja yang kompak, teratur dan terarah sesuai pedoman dasar dan pedoman rumah tangga Majelis Ulama Indonesia,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: