Dewan Kabupaten Gunung Mas Ini Prihatin Realisasi PAD 2023 Baru 37,9 Persen

KUALA KURUN – Badan anggaran (banggar) DPRD Gunung Mas prihatin realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Mas tahun 2023 baru mencapai 37,9 persen.

“Banggar DPRD Gunung Mas prihatin atas realisasi PAD tahun 2023 baru mencapai 37,9 persen, perlunya komitmen dan kerja keras SOPD terkait dalam pencapaian target dari pendapatan asli daerah tersebut,” ujar juru bicara banggar DPRD Gunung Mas Untung Jaya Bangas, Kamis, (7/12/2023).

Olehkarena itu, perangkat daerah yang telah dibebankan target PAD tahun anggaran 2024, untuk lebih serius mengoptimalkan dan menggali sumber potensi pendapatan lainnya agar bisa terealisasi semaksimal mungkin.

“Komitmen dalam pencapaian target dari pendapatan daerah harus menjadi hal pokok dan perhatian pemerintah daerah,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan olehnya, perlu ada langkah-langkah konkrit yang meliputi pemantapan kelembagaan, intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan, koordinasi antara pusat dan daerah.

Kemudian, peningkatan pembagian deviden dari penyertaan modal, peningkatan pendapatan yang berasal dari hasil pengelolaan aset milik daerah.

Selain itu kata Untung, Pemerintah Daerah dituntut untuk lebih berperan aktif dalam mengejar dana-dana yang berasal dari pemerintah pusat dalam memenuhi kebutuhan penerimaan daerah

“Seperti halnya dana bagi hasil terhadap pengelolaan sumber daya alam yang berasal dari Kabupaten Gunung Mas,” tukasnya.(ag) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: