Sukses Gelar Operasi Bedah Jantung Terbuka

FOTO : Jajaran dokter ahli bedah Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita saat gelar konferensi pers di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Sabtu (2/11/2023).

 

PALANGKA RAYA, Beritakalteng.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus di Kota Palangka Raya sukses menggelar operasi bedah jantung terbuka perdana jejaring pengampuan layanan kardiovaskuler.

Plt. Direktur RSUD Doris Sylvanus, Ady Fraditha menyampaikan bahwa operasi yang dilaksanakan selama dua hari tersebut didanai oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan dukungan BPJS Kesehatan.

“Keberhasilan ini menandai awal yang positif untuk melakukan operasi bedah jantung berikutnya di rumah sakit tersebut,” kata Ady, Sabtu (2/12/2023).

Saat ini RSUD dr. Doris Sylvanus masih mendapatkan dukungan dan bantuan dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

“Semoga nantinya memungkinkan RSUD Dorus Sylvanus melanjutkan operasi bedah jantung secara mandiri,” harapnya.

Sementara dr. Adrian selaku perwakilan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita menjelaskan bahwa pasien pertama yang menjalani operasi bedah jantung berada dalam kondisi relatif stabil selama perawatan di ICU.

Dia menekankan bahwa 24 jam setelah operasi merupakan fase kritis, dengan pemantauan ketat di ICU dan pertimbangan mendalam terhadap berbagai kemungkinan komplikasi pasca pembedahan.

“Sekitar pukul 01.30 WIB, pasien pertama sudah mampu bernafas sendiri tanpa alat bantu sekalipun. Kini kondisi pasien mulai sadar penuh, dapat melakukan aktivitas ringan di tempat tidur dan sudah mulai makan,” ungkapnya.

“Sedangkan operasi terhadap pasien kedua dilaksanakan Sabtu pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Saat ini masih berada di ruang ICU dengan pemantauan ketat. Semoga kondisi pasien mulai membaik dan pulih. Harapannya adalah respon bangunnya baik, sehingga alat bantu ventilator dapat dilepas,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, dr. Gary Pradhana, Sp. BTKV menyampaikan bahwa selama operasi dari hari Jumat hingga Sabtu, prosesnya berjalan lancar, bahkan lebih cepat dari perkiraan yang telah ditetapkan.

“Selama operasi tidak ada kendala sama sekali, bahkan berjalan sangat lancar dan lebih cepat dari perkiraan. Kami optimis terhadap hasil positif operasi ini menjadi semakin kuat,” pungkasnya. (Ngel/ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: