Dewan Ini Dorong Pemerintah Kota Pacu Serapan Anggaran

PALANGKARAYA – Sekretaris Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha, mengingatkan pemerintah setempat untuk memacu serapan anggaran, karena saat ini sudah mendekati akhir tahun 2023.

Ia mengatakan, serapan anggaran yang rendah akan berdampak pada pembangunan daerah. Hal inilah yang harus menjadi pendorong bagi pemerintah untuk melakukan percepatan serapan anggaran agar target pembangunan daerah dapat tercapai.

“Saat ini realisasi serapan anggaran masih rendah atau jauh dari target. Jadi penting diperhatikan mengenai efisiensi untuk pembangunan daerah,” katanya, Rabu (1/11/2023).

Pemerintah lanjut Ridha, harus mampu memanfaatkan sisa waktu yang ada dengan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran, sehingga dengan evaluasi ini dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan serapan anggaran rendah.

Memacu serapan anggaran ini tidak hanya berkaitan dengan penggunaannya, namun berkaitan dengan program yang proyek pembangunan. Sebab itu, pemerintah harus bisa memastikan anggaran tersebut bisa terealisasi penuh demi kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah harus memastikan percepatan pelaksanaan kegiatan-kegiatan terlaksana dengan baik, dengan tetap memerhatikan kualitas dan akuntabilitas,” ucapnya.

Lebih lanjut politikus Partai Anamat Nasional (PAN) juga mengingatkan keterbukaan dalam penggunaan anggaran sangat penting agar masyarakat dapat melihat hasil nyata dari setiap anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Maka dari itu perlu upaya untuk memaksimalkan serapan anggaran, yang diharapkan akan mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Palangka Raya,” pungkasnya.(ap/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: