Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Triwulan Pertama 2023 Secara Q to Q Alami Kotraksi 4,90 Persen

 

PALANGKARAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat Ekonomi Kalimantan Tengah Triwulan pertama 2023 mengalami pertumbuhan 3,22 persen jika dibandingkan dengan Triwulan Pertama 2022.

Kendati alami pertumbuhan, akan tetapi Ekonomi Kalimantan Tengah triwulan I-2023 terjadi kontraksi bila dibadingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV-2022 sebesar 4,90 persen (q-to-q).

Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro menyampaikan bahwa Perekonomian Kalimantan Tengah berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I-2023 mencapai Rp51,3 triliun, atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp27,2 triliun.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Lapangan Usaha Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 13,11 persen,” kata Eko, Jumat (05/5/2023) di Kantor BPS Kalteng Kota Palangkaraya.

Sementara dari sisi pengeluaran komponen yang tumbuh tertinggi terjadi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 6,94 persen. Dari sisi produksi, masih terdapat sebelas lapangan usaha yang tumbuh positif.

Lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori Industri Pengolahan yang tumbuh sebesar 9,61 persen, diikuti lapangan usaha Jasa Perusahaan dan Jasa lainnya yang masing-masing tumbuh sebesar 9,18 persen dan 5,42 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit yang melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 0,45 persen. Angka tersebut diikuti oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) yang tumbuh sebesar 0,26 persen.

“Struktur ekonomi Kalimantan secara spasial pada triwulan I-2023 masih didominasi Provinsi Kalimantan Timur sebesar 51,22 persen. Provinsi Kalimantan Tengah berada di urutan keempat dengan kontribusi sebesar 11,43 persen. Secara y-on-y seluruh provinsi di wilayah Kalimantan mengalami pertumbuhan positif, sedangkan secara q-to-q seluruhnya mengalami kontraksi,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: