Cek Kesehatan, Tahap Dua Bagi Calon Jemaah Haji Barito Timur

Foto : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, H. Ahmadi.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Ratusan calon jemaah haji (CJH) mulai mengikuti cek kesehatan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur. Salah satu upaya ini dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kankemenang) Kabupaten Barito Timur yang mengandeng dinas kesehatan setempat.

Pemeriksaan kesehatan untuk jemaah haji estimasi pemberangkatan 1444 H/2023 sudah mulai mereka lakukan. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, H. Ahmadi, mengatakan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan melalui dua tahap.

“Kami bagi menjadi 3 wilayah, Kecamatan Benua Lima, Kecamatan Dusun Tengah, Kecamatan Dusun Timur, sesudah pemeriksaan tahap pertama kemaren. Kami juga melakukan tes kebugaran calon jemaah haji dengan melibatkan tim kesehatan dari dinas Kabupaten Barito Timur,” ujar H. Ahmadi, Senin (20/3/2023).

H. Ahmadi bercerita, kegiatan dilaksanakan hari ini meliputi pemeriksaan kesehatan tahap dua yaitu berupa, pemeriksaan darah, urine bagi calon jemaah haji.

“Untuk mengetahui jemaah haji kita itu murni tidak mengidap suatu penyakit, yang dalam artian penyakit itu bisa ditanggulangi dan diobati sedini mungkin. Untuk menghadapi pelaksanaan haji tahun 2023,” sebut beliau.

H. Ahmadi juga menyebut, total jemaah haji tahun 2023 ini berjumlah 128 , namun, ujar H. Ahmadi. 1 orang melakukan mutasi Palangkaraya dan 6 orang menunda keberangkatan yang tersisa 121 orang.

“Semoga dalam pemeriksaan tahap dua ini, calon jemaah haji kita dalam keadaan sehat. Walapun nanti ada terindikasi penyakit yang misalnya, gula darah dan sebagainya mudah-mudahan dengan mengetahui sedini mungkin. Bisa ditindaklanjuti dengan melakukan pengobatan,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: