Foto : Tumpukan sampah yang ada di jalan Minun dehen, Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah.

Menggunungnya Sampah Di Katingan Tengah Jadi Sorotan Dewan

Foto : Tumpukan sampah yang ada di jalan Minun dehen, Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah.

Kasongan – Keadaan sampah yang ada di Daerah Desa Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah terlihat menggunung, hal ini terjadi lantara dalam beberapa hari terakhir belum dilakukan pembersihan atau diangkut oleh petugas kebersihan setempat, hal ini disampaikan langsung oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Rudi Hartono, jum’at (17/2/2023) kepada sejumlah awak media dikantor DPRD Katingan.

Dijelaskan Rudi, penumpukan sampah hingga menggunung tersebut berada di jalan Minun Dehen, yang memang jadi tempat pembuangan sampah oleh para pedagang yang ada dipasar serta juga masyarakat setempat.

“Sampah yang ada di Tumbang Samba itu jika diperkirakan bisa sampai satu ton untuk satu hari, jadi petugas kebersihan harus aktif dalam mengangkut sampat diloksi tersebut,”Ujar Rudi.

Untuk itu, legislator Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengangharapkan kepada para petugas kebersihan bisa melakukan pengangkutan sampah setiap hari jangan sampai menunggu menumpuk seperti yang terjadi saat ini.

Kemudian, menurutnya bahwa adanya penumpukan sampah ini bisa menyebabkan penyakit bagi masyarakat seperti kolera, Demam Berdarah (DBD) bahkan penyakit lainnya.

Terkait dengan pengelolaan sampah ini lanjutnya, yang saat ini masih dikelola oleh pihak kantor kecamatan kedepanya bisa difokuskkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Jika nantinya difokuskan kepada pihak DLH bisa dibuat UPTD, sehingga jika ada kendala DLH bisa memerintahkan kepada para petuas UPDT untuk menangani perihal permasalahan sampah yang sering menumpuk di Tumbang Samba,”Jelasnya.

(Tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: