Dewan Gumas Ini Imbau Masyarakat Diminta Tetap Waspada Selama Musim Penghujan

Foto : Anggota DPRD Gumas H Rahmansyah bersama koleganya tengah ikuti rapat paripurna di gedung dewan, belum lama ini.

 

BERITAKALTENG.COM, KUALA KURUN – Saat ini, perkiraan cuaca dari catatan BMKG dan BPBD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) di bulan November 2022, mulai ada peningkatan. Menangapi hal tersebut, pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas meminta dengan masyarakat yang tinggal didataran rendah, agar tetap waspadai, karena penomena hujan dapat memicu banjir susulan.

“Cuaca hujan di wilayah kita di Kabupaten Gumas ini mulai ada peningkatan, sebab hampir setiap hari pasti ada hujan yan mana dapat memicu banjir, maka dari itu kami meminta dan mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di dataran rendah agar tetap waspada,” ucap Anggota DPRD Gumas H Rahmansyah, Kamis (15/12/2022).

Menurut politisi dari partai PAN ini menuturkan, pada beberapa bulan terakhir ini hampir tidak ada musim kemarau. Sehingga, sangat perlu ada antisipasi dalam hal kesiapan menghadapi banjir yang menimpa warga khususnya di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Gumas ini.

“Perlu ada kesiapan dari masyarakat dalam menghadapi yang namanya banjir, seperti tempat pindah, kemudian pemerintah harus ada kesiapan juga dalam hal bantuan logistik dan obat-obatan, kepada warga,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Gumas Karya menjelaskan prediksi cuaca di bulan November, Desember, hingga Januari sampai Februari mendatang curah hujan mulai ada peningkatan artinya masyarakat harus waspadai akan terjadinya banjir.

“Prediksi dari BMKG yang disampaikan ke kita curah hujan mencapai 201-300 mm, dari bulan ini, Desember, Januari, Februari 2023 mendatang mulai dari tingkat sedang hingga curah hujan tinggi,” tandas dia.(ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: