Upaya Perkuat Ekonomi Kerajinan Terus Dilakukan

Foto : Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin

 

BERITAKALTENG.COM, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya terus berusaha memperkuat ekonomi kerajinan di kota setempat, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimbingan kepada para pengrajin.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, industri kerajinan sangat berperan dalam meningkatkan dan memperkuat perekonomi daerah. Bahkan dari beberapa perajin sudah merasakan secara nyata keuntungannya.

“Kami selaku pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas para pelaku usaha. Sehingga usaha yang dikembangkan dapat turut menyerap lapangan kerja,”katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (25/11/2022).

Menurut Fairid, salah satu kerajinan yang menjadi pengembangan Pemerintah Kota Palangka Raya adalah industri kerajinan rotan. Meskipun industri ini masih belum sangat dikenal oleh masyarakat luar kota, namun produk yang dihasilkan sudah diterima oleh masyarakat luas.

“Produk rotan ini sekarang tidak hanya di gunakan oleh masyarakat Kota Palangka Raya atau Provinsi Kalimantan Tengah saja. Tapi peminatnya juga ada di luar Kalimantan Tengah. Bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar Indonesia,”jelasnya.

Selebihnya Fairid mengatakan, industri kerajinan rotan memiliki potensi ekonomi yang besar jika dikelola dengan baik, namun saat ini yang menjadi kendala adalah menemukan orang yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjadi perajin rotan.

“Kalau untuk pasokan bahan bakunya, maka di Kalteng ini tidak perlu dikhawatirkan, sumber daya rotan masih sangat banyak. Sekarang bagaimana kita memanfaatkan peluang itu agar menjadi usaha yang sukses,”pungkas Fairid.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: