Dewan Kota Dorong Tuntaskan Program UHC

FOTO : Tenaga Kesehatan di Puskesmas Pahandut Palangka Raya, saat memberikan pelayanan imunisasi pada balita.

 

BERITAKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Para anggota DPRD Palangka Raya dari Fraksi Partai Golkar, meminta kepada pemerintah setempat untuk memastikan program Universal Health Coverge (UHC) pada tahun 2022 dan 2023, dapat berjalan hingga mencapai 100 persen.

“Terkait hal ini sudah kami sampaikan pada pemandangan umum Fraksi Golkar, saat paripurna DPRD Palangka Raya beberapa waktu lalu,”ungkap anggota DPRD Palangka Raya dari Fraksi Partai Golkar, HM Khemal Nasery, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, program universal health coverge pada tahun 2022 dan 2023 harus dipastikan agar bisa mencapai 100 persen mencakup 30 kelurahan se Kota Palangka Raya.

Hal itu kata dia bukan tanpa sebab, mengingat kondisi perekonomian yang terseok-seok saat ini karena efek pandemi Covid-19 dan kenaikan BBM.

Cakupan universal health coverge itu sendiri adalah capaian kesehatan semesta, yang menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

“Melalui UHC ini, maka kondisi kesehatan masyarakat didorong harus prima, agar tidak membutuhkan pengobatan dan dapat beraktivitas dengan lancar,” imbuhnya.

Karena itu tambah Khemal, upaya-upaya dalam pembangunan kesehatan di Kota Palangka Raya sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, harus sudah sejalan dengan upaya-upaya yang dicanangkan dalam program universal health coverge tersebut.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: