Foto : Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Kotim, Hendra Sia.

Sebut Pemutahiran Data Penduduk Bersifat Penting

Foto : Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Kotim, Hendra Sia.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mesti mengoptimalkan peran Kecamatan, Kelurahan dan Desa, untuk kepentingan pemuktahiran data kependudukan.

Disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kotim, Hendra Sia pemutakhiran data penduduk sangat penting. Selain untuk mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, data yang akurat juga sangat dibutuhkan pemerintah sebagai pertimbangan dalam membuat kebijakan.

“Karena dengan  data penduduk yang akurat bermanfaat untuk program-program pemerintah agar tepat sasaran. Keakuratan data penduduk bisa dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan, jaminan kesehatan serta menjadi syarat mendapatkan hak politik saat pemilu,” jelasnya.

Dikatakan Politisi Partai Perindo tersebut, dengan adanya peran kepala desa dan lurah hingga camat sangat penting untuk membantu memantau perkembangan fluktuasi jumlah penduduk.

“Camat selaku pemimpin wilayah di kecamatan diharapkan juga membantu kemudahan pemutakhiran data penduduk tersebut,” sebutnya.

Camat harus melaporkan jumlah penduduk, termasuk yang meninggal. Setiap camat juga sejauh ini sudah disurati.

“Kalau belum ada perkembangan, maka surati lagi camat, lurah dan kepala desa supaya menjalankan itu,” ucapnya.

Camat, lurah dan kepala desa diharapkan bersinergi dengan Disdukcapil, termasuk dalam hal perekaman e-KTP. (Rik/Arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: