Pemda Secepatnya Harus Ajukan Perubahan

Foto : Anggota DPRD Katingan Yudea Pratidina

Kasongan – Adanya penambahan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Katingan sehingga mengharuskan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) mengajukan perubahan anggaran karena adanya perubahan nomenklutur.

Seperti yang disampaikan politisi dari PDI Perjuangan Yudea Pratidina, jum’at (24/6/2022) di kantor DPRD Katingan, pihak pemda harus segera mungkin mengajukan perubahan anggaran karena adanya perubahan nama OPD.

“Jika tidak segera mungkin diajukan maka semua kegiatan tidak bisa direalisasikan karena nama instansi berbeda,”Ujarnya.

Dua OPD yang dimaksud yakni Dinas Perhubungan dan Perikanan serta Dinas Pendapatan Daerah.

Selain itu juga Yudea menyebutkan bahwa kondisi cuaca saat ini perlu dipikirkan dalam penyusunan anggaran, karena tidak menutup kemungkinan bencana banjir seperti tahun sebelumnya bisa saja terjadi. Sehingga dalam perubahan perlu pertimbangkan untuk mengatasi bencana banjir.

Meskipun telah masuk akhir kwartal kedua, tapi ia optimis realisasi anggaran mampu mencapai 100 persen.

Sekadar informasi, realisasi anggaran Kabupaten Katingan masih rendah. Hal itu disebabkan kemampuan menggunakan aplikasi SIPD masih kurang memadai.

Disisi lain terjadi penambahan dua dinas baru yang mengharuskan instasi yang mengalami pemekaran membuat perubahan anggaran.

(tobu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: