FOTO : Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, M. Kurniawan Anwar.

Perusahaan Diminta Ikut Rawat Jalan Pemerintah

FOTO : Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, M. Kurniawan Anwar.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Anggota DPRD  Kotawaringin Timur (Kotim), M. Kurniawan Anwar menekankan, agar pihak perusahaan bisa ambil andil memelihara jalan milik pemkab, yang dilalui oleh kendaraan milik  perusahaan.

“Kami melihat banyak sekali perusahaan yang mengangkut hasil kebun yang menggunakan jalan aset pemda. Salah satunya perusahaanCPO yg berada di Tanah Mas, Kecamataan Baamang. Kita perhatikan, shari saja puluhan hingga ratusan truk yang hilir mudik,”  ungkap Kurniawan.

Ditambahkan Kurniawan, posisi musim hujan saat ini, jalan yang dilalui akan berdampak langsung.

“Sebenarnya untuk kapasitas seperti ini, perusahaan tersebut sudah harus punya atau akses sendiri yang tidak mengganggu warga sekitar,” tegasnya.

Di sisi lain, timpal Kurniawan, dampak lalu lintasnya juga harus  di perhatikan.

“Dimana UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan, sudah mengatur dari kelayakan jalan,  klas jalan, hingga analisa dampak  lalu lintas. Bahkan saat ini kita sudah ada RDTR BAGENDANG sejak  juni 2021. Tujuannya adalah agar  membuat area yang seragam  fungsi dan manfaatnya. Jangan sampai ada perusahaan di wilayah padat penduduk atau di luar RDTR Bagendang yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.  (Rik/Arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: