Wakil Bupati Katingan Pimpin Rapat Evaluasi Pascabanjir

Kasongan – Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang memimpimpin rapat evaluasi pacabanjir, Senin,  (11/10/2021).

Sejumlah kepala dinas hadir pada rapat yang digelar di ruang rapat bupati ini  di antaranya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau Kalak BPBD Roby, kemudian Kepala Dinas Sosial Elmon Sianturi, Kepala Dinas Kesehatan dr Robertus Pramuryanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Christian Rain.

Lainnya 12 camat dari 13 camat se Kabupaten Katingan dan sejumlah instansi terkait lainnya.  Menurut Sunardi Litang dalam sambutannya, tujuan rapat untuk mengumpulkan data atau menginventarisir semua kerugian yang diderita pada saat banjir besar di bulan Agustus -September 2021.

Hal ini  tutur orang nomor dua di Bumi Penyang  Hinje Simpei ini merupakan tugas semua camat serta masing-masing instansi terkait lainnya.

Sunardi menggambarkan jika data itu meliputi sejumlah infrastruktur dan fasilitas pemerintah daerah.

Yakni seperti data kerusakan ruas jalan, gedung sekolah, gedung pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan pustu, kantor kecamatan serta fasilitas dan dokumen (berkas) yang ikut serta terendam banjir sehingga rusak tidak bisa digunakan lagi.

Sementara untuk tujuannya yaitu  semua kerusakan akan diperbaiki dan dalam perbaikan tentu saja harus dianggarkan terlebih dahulu.

Jika anggaran untuk memperbaiki kerusakan sejumlah infrastruktur tersebut terbatas, Penerintah Kabupaten bakal berencana akan melaporkan kepada pemerintah pusat melalui kementerian.

Yaitu untuk meminta bantuan dalam perbaikan sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir.

“Sebab jika kita hanya mengandalkan APBD Kabupaten Katingan saja tidak cukup,  sehingga tidak bisa menyelesaikan perbaikan kerusakan yang diakibatkan bencana banjir itu, sebab diperkirakan kerugian akibat itu hingga ratusan miliar,” imbuhnya.

(tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: