FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kalteng membidangi Ekonomi dan SDA, Sengkon.

Sengkon Dorong Percepatan Pemasangan Jaringan Listrik Bagi Warga Gunung Mas

FOTO : anggota Komisi II dari Partai Perindo, Sengkon

Beritakalteng.com, GUNUNG MAS –  Komitmen atau target PLN agar pada tahun 2024 semua desa di Kalteng bisa terjangkau jaringan listrik juga mendapat dukungan dari kalangan legislatif Kalteng.

Seperti yang disampaikan anggota Komisi II dari Partai Perindo, Sengkon bahwa dirinya mengingatkan agar pihak PT. SKS (PLTU Kalteng-1) dan PLN dapat memprioritaskan jaringan listrik bagi warga sekitar dan Kabupaten Gunung Mas dan Katingan khususnya.

“Jaringan ke Katingan sudah, harapan kami agar bagi warga Gunung Mas juga diperhatikan, tidak hanya bagi kabupaten lain saja,” kata Sengkon, Sabtu (19/6/2021).

Dirinya mendorong percepatan pemasangan jaringan tambahan dari PLN bagi warga Desa Tumbang Kajuie dan warga Gunung Mas umumnya.

Berkenaan dengan keinginan tersebut, PT. SKS selalu perusahaan pengelola PLTU Kalteng -1 di Desa Kajuei Kabupaten Gunung Mas Nugroho, mengatakan bahwa PLTU yang ada saat ini memiliki kotrak kerjasama dengan PLN selama 25 tahun, setelah 25 tahun maka PLTU tersebut diserahkan ke PLN.

Dimana untuk penyaluran listrik kepada masyarakat merupakan kewenangan PLN, dimana saat ini juga khusus jaringan listrik sedang dibangun ke arah Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas atau Jalur SUTT 150 KV menghubungkan Kurun dan Kasongan.

Diungkapkan juga bahwa PLTU Kalteng -1 melayani kelistrikan bagi Kalimantan yakni Kalsel-Teng, bahkan Kaltim.

Untuk mendukung operasional atau kebutuhan bahan baku bagi PLTU tersebut sebanyak 1 juta ton Batu Bara per tahun.

Disampaikan Nugroho bahwa sesuai UU,  penyaluran listrik ke rumah warga tidak bisa langsung oleh PLTU karena menjadi kewenangan PLN.

“Untuk menyalurkan listrik kerumah warga  merupakan kewenangan PLN. Khusus bagi warga sekitar PLTU, saat ini sudah dibangun jaringan tanbahan oleh PLN, mudah-mudahan cepat selesai,” terangnya.

Tinjau lapangan pemasangan jaringan listrik PLN di Kabupaten Gunung Mas kali ini dipimpin, Wakil Ketua DPRD Kalteng, H. Jimmy Carter, Lohing Simon (Ketua Komisi II),  Wakil Ketua Henry M. Yoseph, Sekretris Komisi II H. Sudarsono.

Turut serta anggota Komisi  II, HM Sriosako,  Fajar Hariadi, Jainudim Karim, Sengkon, Ina Prayawati, Hj. Maryani Sabran, Natalia dan Yeni Maria Kahta.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: