Kotim Hanya Miliki 4 TK/PAUD Berstatus Negeri

FOTO : Ilustrasi.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Suparmanto mengatakan bahwa dari 258 satuan pendidikan TK/PAUD di daerahnya, hanya empat  yang berstatus negeri.

“Dari 17 kecamatan yang ada di Kotawaringin Timur, empat TK/PAUD yang negeri itu ada di Mentawa Baru Ketapang, Kota Besi, Parenggean dan Kecamatan Telawang. Sedangkan di Kecamatan lainnya adalah TK/PAUD swasta,” sebutnya, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, sebagian besar satuan pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur pada tahun pelajaran 2020/2021 merupakan TK/PAUD. Dari 779 sekolah, persentase TK/PAUD sebesar 38 persen atau sebanyak 258 sekolah.

Kendati demikian, hal itu tidak memengaruhi kualitas belajar para siswa. Karena hal itu tergantung dari cara pembelajaran yang ada di masing-masing satuan pendidikan untuk keberhasilan belajar anak.

“Yang paling banyak TK/PAUD yakni di Kecamatan Ketapang sebanyak 61 sekolah swasta, dan 1 Negeri. Kemudian di Baamang ada 37 sekolah swasta,” tegasnya.

Berdasarkan data Kecamatan Seranau memiliki 3 TK/PAUD swasta, Mentaya Hilir Utara 12 sekolah swasta, Mentaya Hilir Selatan 19 sekolah swasta, Pulau Hanaut sembilan sekolah swasta, Teluk Sampit enam sekolah swasta, Kota Besi 10 sekolah swasta dan satu negeri.

Kecamatan Cempaga terdapat 14 sekolah swasta, Cempaga Hulu 13 sekolah swasta, Parenggean 36 sekolah swasta dan satu negeri, Mentaya Hulu 31 sekolah swasta, Antang Kalang sembilan sekolah swasta, Telaga Antang 15 sekolah swasta, Telawang sembilan sekolah swasta dan satu negeri, Tualan Hulu 13 sekolah swasta dan terakhir Bukit Santuai 11 sekolah swasta.

“Swasta itu meliputi yayasan maupun sekolah yang ada di perkebunan atau perusahaan besar,” tutupnya. (arl/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: