FOTO: Ketua Tim Reses Dapil II Kalteng, yang juga anggota Komisi II DPRD Kalteng, Fajar Hariady

Dewan Ini Dorong Pemda Bankitkan Komoditi Rota di Kalteng

FOTO : Ketua Tim Reses Dapil II Kalteng, yang juga anggota Komisi II DPRD Kalteng, Fajar Hariady

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Provinsi Kalimantan Tengah sangat melimpah, dimana salah satunya adalah rotan.

Untuk itu, kalangan anggota DPRD Kalteng khususnya Komisi II membidangi sumber daya alam (SDA) mendorong, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, melalui Dinas/Instansi terkait, untuk bisa kembali membangkitkan komoditi rotan Kalteng.

Seperti yang disampaikan oleh, Anggota DPRD Kalteng, Fajar Hariady mengatakan bahwa kualitas rotan dari Kalteng yang telah diolah menjadi bahan setengah jadi, memiliki kualitas tinggi dan tidak kalah bersaing dengan rotan dari wilayah lain di Indonesia.

“Walaupun kualitas rotan Kalteng memiliki kualitas tinggi, salah satu masalah yang dihadapi oleh komoditi rotan saat ini, adalah kebijakan Pemerintah Republik Indonesia (RI) yang melarang ekspor bahan rotan setengah jadi,” kata Legislator Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), rabu (04/3/2021).

Dirinya berpendapat, komoditi rotan bisa menjadi primadona yang menjanjikan bagi masyarakat Kalteng. Namun sayangnya hal tersebut harus terbentur dengan kebijakan pemerintah pusat yang melarang ekspor bahan rotan setengah jadi.

kendati demikian, pihaknya yakin kalau ada perubahan kebijakan dari pemerintah pusat misalnya memperbolehkan ekspor rotan, maka komoditi rotan Kalteng bisa kembali bangkit dan menjadi primadona pada leading sektor perekonomian.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: