Gelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Potensi Karhutla

beritakalteng.com – KUALA KURUN – Dalam rangka menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Pemerintah Kab. Gumas melaksanakan Apel Kesiapsiagaan bertempat di halaman Kantor Pemda Kab. Gumas, Selasa (2/3/2021) pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai pimpinan Apel Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gunung Mas Lurand, dihadiri oleh Forkopimda Kab. Gumas serta peserta Apel yang terdiri dari Personel TNI-Polri, BPBD Kab. Gumas, Satpol PP, Manggala Agni dan Dinas Kesehatan.

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, S.I.K., usai pelaksanaan apel mengungkapkan Pemerintah secara serius bertindak dalam penanganan bencana Karhutla dan merupakan tanggung jawab bersama untuk mengatasinya.

“Kami sebagai aparat penegak hukum bersama dengan TNI akan membantu dalam pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelaku karhutla, ini juga merupakan atensi dari Bapak Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo,” ucapnya.

Karhutla merupakan ancaman yang mengganggu ekosistem lingkungan dan kehidupan manusia. Berdasarkan evaluasi, hotspot tahun 2020 di Provinsi Kalteng sebanyak 5.640 titik, khusus Kabupaten Gumas sebanyak 307 titik, dengan tafsiran luasan lahan yang terbakar sekitar tujuh hektare.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan apel ini dapat menjadi momen yang baik untuk mengajak semua bersinergi dengan berbagai pihak, baik instansi, stakeholder terkait, dan seluruh lapisan masyarakat, sehingga upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Gumas dapat optimal.” tutupnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: