Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Bantuan Sosial

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Dengan adanya penyaluran bantuan sosial yang dilakukan Pemerintah baik Pemerintah Pusat, dan Daerah saat ini diharapkan mampu menopang kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat di Kalimantan Tengah yang terdampak pandemi covid-19 secara langsung.

Berangkat dari perihal diatas, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan diskusi dengan mengakat tema “Efisiensi Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kalimantan Tengah” secara Daring, rabu (10/2/2021) sore tadi.

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya, Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, dr. Rian Tangkudung, M.Kes, Kepala Kantor Pos Palangka Raya, Andyan Pradipto, Penggiat Sosial, Arifudin R. Sehe, S.AN, dan Ketua Cabang GMNI Palangka Raya, Innocent Passage selaku Moderator, serta sejumlah undangan lainya.

Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, dr. Rian Tangkudung dalam materinya menyampaikan bahwa masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini tentunya berdampak hampir disetiap sektor kehidupan masyarakat.

“adanya bantuan sosial yang diberikan Pemerintah, baik Pusat maupun Pemerintah Daerah, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata dr. Rian Tangkudung.

Dirinya juga berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan baik kesehatan, pemulihan ekonomi, dan membentuk jaring pengaman sosial.

” jaring pengaman sosial yang dimaksud, semisal ketika si penerima menggunakan bantuan tersebut untuk membeli kebutuhan bahan pokok, tentu hal tersebut secara tidak langsung juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang lain, semisalnya bagi para pedagang dan keluarganya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Palangka Raya, Andyan Pradipto menyampaikan, Pemerintah Pusat Melalui Kementrian Sosial menunjuk Kantor Pos untuk melakukan penyaluran bantuan sosial tunai secara langsung.

“Kantor Pos akan memastikan bantuan tunai tersebut benar-benar diterima oleh penerima. dalam mekanisme penyaluran bantuan, tentunya kita tetap terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam menetapkan jadwal penyaluran,” kata Andyan.

Andyan juga menjelaskan, ada kalanya kondisi dalam mekanisme proses penyaluran, pihak kantor pos sendiri akan mengantarkan secara langsung ke alamat penerima yang ketika itu dalam kondisi semisal, sakit keras, tidak bisa datang karena diluar kota, atau penyandang disabilitas.

Bantuan Sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terdampak covid-19 tentunya mendapat apresiasi dari Arifudin R. Sehe, S.AN selaku penggiat sosial yang ada di Palangka Raya.

“kami mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk memberikan bantuan yang diberikan. Dengan harapan bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini,” kata Arifudin

Tak lupa dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kantor Pos yang betul-betul memastikan penyaluran bantuan tersebut diterima secara langsung oleh si penerima. 

“ini sangat luar biasa. tampa harus menunggu, pihak Kantor Pos mengantarkan secara langsung ke alamat penerima untuk memastikan bantuan tersebut betul-betul sudah diterima,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: