Bahas Daerah Otonomi Baru, DPRD Kalteng Gelar RDP

FOTO : Foto Bersama Usai Pertemuan Rapat Dengar Pendapat (RDP) rencana pemekaran Provinsi Kotawaringin, di ruang rapat gabungan, Jumat (15/1/2021) pagi tadi.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Guna membahas, berbagai persiapan dan pematangan rencana pemekaran Provinsi Kotawaringin. Komisi I DPRD Kalteng melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pengurus Presedeium Pemekaran dan Pembentukan Provinsi Kotawaringin, Jum’at (15/1/2021).

Kegitan yang dilaksanakan di ruang rapat gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Y. Ferddy Ering bersama ketua Fraksi DPRD Kalteng.

hadir pula pengurus Presedium Pemekaran dan Pembentukan Provinsi Kotawaringin, perwakilan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, serta para undangan lainya.

Y. Freddy Ering menyampaikan kegiatan RDP tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan pematangan dalam rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kotawaringin.

“memang ada beberapa kemajuan, namun pihak legislator dalam RDP tadi, juga memberikan beberapa catatan penting, yang harus dipersiapkan, dibahas serta dikaji lebih komprehensif lagi,” kata Ferddy Ering.

Masukan yang diberikan diantaranya, berkenaan dengan tapal batas bagian dalam dan bagian luar. Seperti, tapal batas bagian dalam, misalnya Lamandau dengan Sukamara, Kotawaringin Timur dengan Kotawaringin Barat, Seruyan dengan Kotawaringin Barat. Sedangkan batas bagian luar, misalnya Seruyan dengan Malawi.

Kajian terhadap provinsi induk, yang ditinggalkan juga harus memperhitungkan dampaknya kedepan, terutama pengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah atau PAD nya menurunya dinilai penting.

“kedepan rencananya kami juga akan melakukan pertemuan-pertemuan serupa, guna melakukan pembahasan selanjutnya, untuk lebih mematangkan berbagai persyaratan, yang selanjutnya nanti akan disampaikan kepada pemerintah pusat,” kata politisi PDI-P ini.

Sekretaris Presedium Pemekaran dan Pembentukan Provinsi Kotawaringin, H. Marukan ketika diwawancarai media mengatakan,  hasil pertemuan dalam RDP tadi, pada prinsipnya kalangan legislatif dan pemerintah provinsi memberikan dukungan atau menyetujui, atas usulan pemekaran dan pembentukan Provinsi Kotawaringin, untuk selanjutnya diusulkan ke pemerintah pusat.

“ada beberapa catatan penting, yang kami yakini itu sangat membangun. Untuk itu, kami akan segera memperbaiki dan melengkapi berbagai masukan-masukan yang telah disampaikan oleh kalangan legislator provinsi,” ujar Marukan

Dirinya berharap, segala persyaratan yang wajib dipenuhi, dapat segera rampung, sehingga pihaknya pun bisa melanjutkan usulan tersebut ke pemerintah pusat.(aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: