Tahun 2021 Pemkab Barsel Berencana Ngutang Rp 140 M

Foto : Ir. HM. Farid Yusran, MM

Beritakalteng.com, BUNTOK – Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan Ir. HM. Farid Yusran menyebutkan, Pemkab berencana akan menambah utang sebanyak Rp 140 miliar guna memfokuskan APBD tahun 2021 untuk memulihkan perekonomian rakyat.

Hal itu, diterangkan Farid Yusran, seusai memimpin rapat pembahasan RAPBD 2021 dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di Kantor DPRD Barsel, Selasa (17/11/2020).

Politisi dari partai PDIP Barsel itu menjelaskan, sementara ini defisit anggaran dalam APBD Barsel tahun 2021 kurang lebih Rp 90 miliar. Namun hal itu masih bisa tertutupi dengan pembiayaan dan rencana pinjaman oleh Pemkab sebesar Rp 140 miliar.

“Untuk menutupi defisit tersebut eksekutif berencana melakukan pinjaman sebesar Rp 140 miliar, namun ini juga bisa naik dan juga bisa turun,” bebernya.

Diterangkan Farid, hal itu sesuai dengan petunjuk Presiden dan Menteri Dalam Negeri, bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 untuk memulihkan perekonomian rakyat yang berdampak langsung saat pandemi Covid-19.

Jelasnya lagi, pemulihan perekonomian rakyat tersebut bertujuan untuk memperlancar infrastruktur, kesehatan dan pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga, segala kebutuhan masyarakat baik untuk menjalankan ekonomi dan lainnya bisa lancar.

“Kita memahami kalau dalam APBD 2021 yang diajukan Pemkab kita harus berutang. Hanya saja banyak persyaratan yang harus diselesaikan oleh pihak eksekutif,” tukasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: