FOTO : Bupati Bartim, Ampera AY Mebas

Bupati Bartim Buka Kegiatan Uji Publik Naskah Akademik dan Raperda Lahan Pertanian Berkelanjutan

FOTO : Bupati Bartim, Ampera AY Mebas

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian (Distan) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Kalimantan Selatan, menggelar uji publik Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) lahan pertanian pangan berkelanjutan di Bartim.

Kegiatan uji publik tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas SE, MM, turut hadir Forkopinda, Anggota DPRD, Kepala Distan, Kepala OPD terkait, Camat, pihak perusahaan dan undangan lainnya di Aula Kantor Distan, Selasa (17/11/2020).

Usai membuka kegiatan uji publik Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengatakan “Tujuan pembuatan Perda ini untuk mengamankan lahan – lahan pertanian”, ucap Bupati.

Dikatakan bupati, jangan sampai lahan pertanian nantinya beralih fungsi lain

Dari 10 kecamatan yang ada di Bartim, lahan yang terluas ada di Kecamatan Dusun Tengah seluas 1.400 hektar, setelah itu Kecamatan Pematang Karau seluas 1.000 hektar, Kecamatan Paku lebih dari 900 hektar. Untuk di kecamatan lainnya ada yang 400 hektar, 200 hektar, dan ukuran lainnya.

“Dengan adanya Perda ini nanti, jadi kedepannya tidak bisa sembarangan untuk mengalihfungsikan lahan pertanian, termasuk lahan yang potensial untuk pertanian”, pungkasnya. (ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: