Gerakan Diversifikasi, Sugianto Sabran Berharap Warga Dapat Mengkonsumsi Pangan Lokal

FOTO : Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Endang Kusriatun saat menghadiri kegiatan pencanangan Diversifikasi Pangan Lokal 2020 oleh Menteri Pertanian (Menpan) RI Syahrul Yasin Limpo, melalui sambungan virtual, Kamis (19/8/2020) di Aula Eka Hapakat.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Dalam upaya meningkatkan ketersedian pangan, terlebih dalam menghadapi era new normal. Diperlukan sebuah sinergitas antar stakeholders dan memberdayakan Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal.

Salah satunya Gerakan diversifikasi pangan merupakan hal yang sangat penting, untuk digalakan di wilayah Kalimantan Tengah terlebih lagi, saat ini Kalteng sedang berupaya mempersiapkan diri memasuki era new normal atau tatanan kehidupan baru.

Gerakan Diversifikasi Pangan bertujuan sebagai upaya untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

Seperti yang disampaikan Gubernur Kalteng bapak H. Sugianto Sabran yang mengharapkan setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan atau kelompok masyarakat, perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus atau berkesinambungan.

“Saya sangat berharap, dengan momen gerakan diversifikasi pangan lokal ini, seluruh masyarakat di Bumi Tambun Bungai, dapat mengkonsumsi pangan lokal, serta kurangi nasi dan makan lebih beragam jenis makanan.” kata Sugianto.

Menjadi hal penting juga, Kata H. Sugianto Sabran, yakni hendaknya dilakukan upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat.

Yang harapannya, lebih mengedepankan untuk mengkonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman (BZSA) guna menuju terwujudnya Kalteng BERKAH.

“Seiring, dengan meningkatnya konsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman, maka harapannya masyarakat nantinya akan memperoleh gizi yang baik, serta mampu menurunkan angka stunting di masyarakat Kalteng,” Ujarnya menambahkan.

Sementara itu, ditempat terpisah, mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Endang Kusriatun saat menghadiri kegiatan pencanangan Diversifikasi Pangan Lokal 2020 oleh Menteri Pertanian (Menpan) RI Syahrul Yasin Limpo, melalui sambungan virtual, Kamis (19/8/2020) di Aula Eka Hapakat.

Dalam kesempatan yang sama juga, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo, masih pada kegiatan pencanangan Diversifikasi Pangan Lokal 2020 menyampaikan, gerakan diversifikasi pangan ini mewakili harapan dan kebutuhan dari seluruh rakyat Indonesia agar ketahanan pangan tetap kokoh, yang memperkuat hadirnya negara yang sejahtera.

“Hari ini kita mengkampanyekan gerakan Diversifikasi Pangan Lokal. Kita nyatakan diverifikasi pangan lokal adalah kekayaan dan budaya bangsa. Bukan hanya beras yang kita miliki. Tapi yang kita miliki berbagai pangan lainnya. Tidak hanya beras, ada ubi-ubian, jagung, sorgum, sagu, kentang, labu dan lainnya” ujarnya.

Lebih lanjut Mentan mengungkapkan, upaya sekecil apapun akan menjadi langkah untuk turut memperkuat ketahanan bangsa yang artinya kita memiliki kekuatan dan kemampuan bersama.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng Ati Mulyati dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Lilis Suryani.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: