Tingkat Partisipasi Peserta Seleksi UTBK 2020 UPR Capai 93 Persen

FOTO : Suasana Pelaksanaan UTBK tahun 2020 UPR gelombang pertama, seleksi dilaksanakan sejak tanggal 5 sampai dengan 11 Juli 2020.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, di lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR) yang digelar sejak tanggal 5 sampai dengan 11 Juli 2020, kini telah berakhir.

Dimana UTBK tahun 2020 di lingkungan UPR, juga sama halnya dilaksanakan di perguruan tinggi lainnya, di Indonesia. Terlebih, UTBK tahun 2020 digelar di tengah pandemi COVID-19, yakni dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan pandemi COVID-19 secara ketat dan disiplin.

Menurut Ketua Pelaksana UTBK tahun 2020 di lingkungan UPR, Prof Dr Ir Salampak MS menyampaikan, pelaksanaan UTBK tahun 2020 di lingkungan UPR, berjalan dengan kondusif, aman tertib dan lancar. Selain itu, dalam pelaksanaannya juga secara disiplin dan ketat, menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan pandemi COVID-19.

“Kegiatan seleksi UTBK tahun 2020 UPR, dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yakni di lingkungan kampus UPR dan kampus Sekolah Tinggi Manajeman Dan Informatika Komputer (STMIK) Palangka Raya, yang telah menjalani kerjasama dengan UPR. Sama halnya dikampus UPR, pelaksanaan seleksi di kampus STMIK pun dilaksanakan dengan standar protokol Kesehatan COVID-19,” Ujar Prof Salampak, Minggu (12/7/2020).

Lanjut Dirinya juga menerangkan bahwa setiap peserta, yang akan mengikuti seleksi UTBK, wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat, serta mengikuti prosedur pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu.

“Hal ini, kami nilai sangat perlu, sebagai upaya preventif, untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi COVID-19. Selain itu, selama pelaksanaan, pihak panitia pelaksana UTBK pun juga berkoordinasi dan melakukan kerjasama, dengan tim Gugus Tugas COVID-19 UPR dan Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya,” Terangnya.

Sambungnya, pelaksanaan UTBK tahun 2020 UPR, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, UTBK tahap pertama di UPR sendiri, dilaksanakan sebanyak 13 sesi ini telah berhasil mencapai kehadiran peserta, dengan presentasi kehadiran hingga 93% dari 3.747 peserta.

Peserta yang hadir dan mengikuti tes, yakni berjumlah 3.467 Peserta. Presentasi kehadiran UTBK tahun 2020 meningkat jika dibandingkan dengan data tahun 2019 lalu.

Kembali disampaikan Prof Salampak, untuk UTBK tahap ke II, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 29 Juli 2020 mendatang. Dan secara khusus, diperuntukkan bagi para peserta yang tidak sempat mengikuti UTBK gelombang pertama, karena adanya kondisi pandemi COVID-19.

Sementara itu, disisi lain Rektor UPR Dr Andrie Elia Embang SE MSi menyampaikan apresiasi, kepada seluruh panitia pelaksana UTBK tahun 2020 UPR, serta berbagai pihak yang turut serta mendukung kesuksesan pelaksanaan UTBK tahun 2020 UPR tahap pertama.

“Saya juga berterima kasih, kepada Ketua STIMIK Palangka Raya, Suparno M.Kom beserta jajaran, karena sudah berkerjasama, dengan menyediakan 3 (tiga) buah ruangan untuk pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini,” Ucapnya.

Selain itu, Ketua Pengurus Daerah Keluarga Alumni Gajah Mada (Pengda KAGAMA) Provinsi Kalimantan Tengah ini mengucapkan terima kasih kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC-19) Kota Palangka Raya, yang telah bekerjasama, membantu pelaksanaan seleksi UTBK.

“Saya juga berharap, agar pelaksanaan UTBK tahun 2020, gelombang kedua yang akan dilaksanakan nanti, juga menerapkan hal yang sama. Dan bagi seluruh civitas akademika UPR, agar tetap bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan kerja, hal ini dalam rangka mempersiapkan diri, untuk memasuki era New Normal di lingkungan kampus,” Tutupnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: