Pascahujan Deras, Puluhan Kios Pedagang Plaza Beringin Ludes Terbakar

Kebakaran: Sebanyak 24 kios pedagang di Plaza Beringinn Buntok, Barsel ludes dilalap si jago merah, Minggu (12/7/2020) dini hari.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Puluhan bangunan merupakan bagian dari aset Plaza Beringin Buntok, Kabupaten Barito Selatan yang dipergunakan sebagai kios tempat berdagang, ludes terbakar, Minggu (12/7/2020) dini hari.

Berdasarkan keterangan salah satu saksi yang juga merupakan pedagang di kios tersebut, AS, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB itu, menyebabkan warga terutama yang bermukim di sekitar Plaza geger dan panik.

Meskipun masih dalam kondisi basah pascahujan deras, api menjalar dan membesar cukup cepat karena keadaan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu.

AS menceritakan, bahwa api berasal dari di kios paling ujung sebelah barat yang berjualan, setelah beberapa menit api tersebut meluas, hingga membakar seluruh kios pedagang yang berjumlah 24 kios.

“Saat kejadian kami dirumah Jalan Kartini jadi tidak tahu kalau ada kebakaran, sehingga tidak satupun barang yang bisa di selamatkan bahkan barang-barang yang ada dalam kios tersebut semuanya masih kredit atau belum lunas,” ujarnya sambil menangis.

Kebakaran: Sebanyak 24 kios pedagang di Plaza Beringinn Buntok, Barsel ludes dilalap si jago merah, Minggu (12/7/2020) dini hari.

Diterangkan oleh Ketua Kerukunan Plaza Beringin Buntok Nasrullah, bahwa pedagang yang menempati kios tersebut total adalah sebanyak 24 orang, yang terdiri dari berbagai macam jenis usaha seperti jual tikar purun, atang nagara, bengkel motor, tukang pangkas rambut, jual sembako dan lainnya.

“Ada 24 orang yang ada disitu, macam-macam usaha,” terangnya.

Sementara itu, dari keterangan Kepala Sat Pol PP dan Damkar Barsel, Ganda Daya Bina melalui Kabid Damkar Fiat Djon mengatakan, bahwa pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 03.05 WIB, setelah sembilan unit damkar diturunkan untuk memadamkan api.

Beruntung, berkat kesigapan Satuan Pemadam Kebakaran (Satdamkar) Barsel dibantu oleh warga, api dapat dijinakan sekitar satu jam kemudian dan tidak sempat menjalar kebangunan lain di sekitar lokasi kejadian.

“Selama satu jam, petugas melakukan pemadam, setelah berhasil di padamkan dan kuasai api tersebut serta tidak menjalar ke rumah dan bangunan lainnya,” terang Fiat.

Hingga berita ini diturunkan, terkait penyebab dan berapa kerugian akibat kebakaran tersebut, masih diselidiki oleh pihak kepolisian.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: