Siaga Handapi Ancaman, Polres Barsel Laksanakan Sispam Mako

Siaga : Siap siaga pascakejadian penyerangan Mapolsek Daha, HSS, Kalsel beberapa waktu lalu, jajaran Polres Barsel laksanakan Sispam Mako, Sabtu (13/6/2020).

Beritakalteng.com, BUNTOK –  Guna mengantisipasi semua kemungkinan ancaman keamanan baik diluar maupun didalam markas, Kepolisian Resor (Polres) Barito Selatan (Barsel) menggelar simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Markas Komando (Mako) dan Asrama, Sabtu (13/6/2020).

Dipimpin langsung oleh Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah SIK, simulasi Sispam yang dilaksanaan usai kegiatan rutin apel pagi, diikuti oleh 145 anggota dari berbagai satuan dan fungsi, satu persatu anggota diploting di titik-titik seputaran Mako Polres sesuai arahan Kapolres.

Disampaikan oleh Devy, kegiatan ini bertujuan untuk tetap melatih responsip dan kesiapsiagaan anggota, terkait pascakejadian penyerangan di Polsek Daha, Hulu Sungai Selatan (HSS), beberapa waktu lalu.

“Tentu kita harus mengantisipasi semua kemungkinan, mengingat perkembangan situasi dan kondisi Kamtibmas ini kan sangat dinamis,” terangnya, saat ditemui awak media seusai giat.

Objek pengamanan yang dijadikan sasaran simulasi sendiri, adalah Mako Polres di Jalan Soekarno-Hatta, Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan dan Makopolres Barsel yang lama di jalan Tugu, serta asrama personil di Jalan Keladan, Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan.

“Setelah alarm berbunyi, seluruh personel harus segera bergerak cepat menempati check point yang telah ditentukan dan anggota betul-betul mengetahui posisi dan apa yang harus dilakukan,” detailnya.

Selanjutnya, perwira polisi berpangkat dua melati itu, juga menerangkan, sebagai bentuk tanggung jawab personil, selanjutnya ploting anggota tersebut dituangkan dalam bentuk surat perintah (Sprin).

“Ini supaya ketika terjadi suatu kejadian, mereka sudah tahu peran dan tanggung jawab masing-masing,” terangnya.

Tidak lupa, Devy juga mengingatkan kepada semua anggotanya bahwa sebagai personil Polri, setiap individu harus memiliki kesiapan dan kesiagaan prima dalam semua kondisi.

“Kegiatan ini harus dilakukan agar setiap anggota tetap siap siaga, paling tidak ketika terjadi sesuatu hal yang bersifat darurat mereka sudah tau ploting masing-masing.” tukasnya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kabag Ops Polres, Barsel Kompol Muhammad Fadholin, SH menjelaskan, simulasi Sispam Mako yang dilaksanakan ini, merupakan gambaran situasi ketika suatu saat terjadinya keributan atau serangan tiba-tiba terhadap Mako maupun Asrama.

“Kegiatan ini kita laksanakan agar setiap personel memahami kondisi Mako dan Standar Operasi Prosedur (SOP) tentang pengamanannya,” pungkas perwira Polisi berpangkat satu melati itu.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: