Dewan Apresiasi Mabuan Diunggulkan Jadi Desa Tangguh

Foto : H. Zainal Khairuddin

Beritakalteng.com, BUNTOK – Dinyatakannya Desa Mabuan, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, jadi salah satu unggulan desa tangguh perwakilan daerah berjuluk Bumi Batuah itu, dalam lomba ‘Desa Isen Mulang’ oleh Kapolres setempat, AKBP Devy Firmansyah, SIK, diapresiasi oleh Ketua Komisi III DPRD, H. Zainal Khairuddin, Sabtu (13/6/2020).

Melalui pesan whatsapp kepada awak media, politisi PPP itu menyampaikan apresiasinya kepada seluruh warga desa Mabuan dan pemerintah desa setempat.

“Kami selaku anggota DPRD Barsel, khususnya saya pimpinan komisi III, mengapresiasi dan menyambut baik pernyataan Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, SIK menetapkan Desa Mabuan, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel menjadi desa unggulan percontohan desa tangguh untuk ikut program Lomba “Desa Pantang Menyerah atau Lewu Isen Mulang” yang diselenggarakan oleh Polda Kalimantan Tengah,” apresiasinya.

Dikatakan Zainal, hal ini sangat menggembirakan bagi warga masyarakat desa Mabuan khususnya dan warga masyarakat Barsel pada umumnya.

Dengan adanya pernyataan dari Kapolres tersebut, ia berharap agar masyarakat desa Mabuan tidak merasa jumawa dan tinggi hati, akan tetapi hal itu bisa dijadikan pemicu semangat bagi seluruh warga untuk terus kreatif dan bahu membahu membangun dan menjaga desanya.

“Namun kami berharap pada warga desa Mabuan agar lebih bersemangat dan kreatif, supaya desa Mabuan bisa meraih prestasi yang gemilang,” imbuhnya.

Selain itu, ia mengharapkan agar semua stakeholder mulai dari masyarakat, perangkat desa, kecamatan dan pemda, temasuk DPRD juga harus siap membantu dalam segala hal agar desa Mabuan bisa sukses pada ajang tersebut. Sesuai dengan namanya Mabuan, yang dipresentasikannya dalam kepanjangan Mandiri, Aman, Bersih, Unik, Agraris dan Nyaman.

“Begitu juga dengan desa-desa lain yang ada di Barsel yang belum ada kesempatan untuk ikut di perlombaan ini, jngan berkecil hati, mari dari sekarang semua warga saling bahu membahu untuk membangun desanya,” imbau Zainal.

Kepada Pemkab Barsel, Zainal juga meminta agar diprogramkan lomba desa serupa apa yang diadakan oleh Polda, mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten, dengan tujuan supaya warga desa termotivasi untuk mengembangkan desanya masing-masing.

“Sehingga apabila ada perlombaan desa di tingkat yang lebih tinggi (provinsi/nasional) desa kita yang ada di Barsel bisa ikut serta dan memiliki kesiapan yang lebih matang,” usulnya.

*Dengan mengucapkan Bismillahirahman nirahim, semoga desa Mabuan menjadi desa tangguh dan meraih juara 1 pada lomba ‘Desa Pantang Menyerah’ atau ‘Lewu Isen Mulang’ yang diselenggarakan Polda Kalteng,” doakan Zainal.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: