Singkronisasi Data, Pansus DPRD Turun Langsung Ke Desa

Foto : Kumpulkan data penerima Bansos, dua anggota Pansus DPRD Barsel sambangi desa Pararapak dan desa Madara, Kecamatan Dusun, Jumat (5/6/2020).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Bertujuan mengsingkronkan data penerima bantuan sosial (Bansos) antara laporan Sekretariat Bersama (Sekber) Gugust Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) dengan desa, anggota Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Barito Selatan datangi langsung pemdes.

Disampaikan oleh H. Raden Sudarto, maksud kedatangannya bersama salah satu anggota Pansus Covid-19 DPRD lainnya, Akhmad Jumadi, ke desa Pararapak dan Madara, Kecamatan Dusun Selatan, Jumat (5/6/2020), adalah bertujuan untuk mengumpulkan data warga penerima penyaluran bansos penanganan dampak Sars Cov 2 itu.

“Terkait kunjungan kita Pansus Covid-19 ini, adalah mencari data-data masyarakat yang menerima bansos,” tuturnya.

Politisi PDIP ini, juga menjelaskan bahwa penelusuran data tersebut harus dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya tumpang tindih penyaluran bansos kepada masyarakat.

Pasalnya, sebut dia lagi, karena begitu banyaknya sumber pendanaan bansos, baik itu bantuan tunai maupun non tunai, maka perlu di inventarisir sejeli mungkin, agar tidak terjadi tumpang tindih data sehingga menyebabkan berpotensi terjadinya penyimpangan dan merugikan negara.

“Karena bansos ini kan ada banyak, ada yang dari kabupaten, ada dari provinsi, ada dari pusat, baik itu BLT maupun non tunai seperti sembako. Jadi kita mencari data-data masyarakat yang menerima itu, setiap desa kita gali itu,” tukas pria yang akrab disapa H. Alex ini menjelaskan.

“Kita cari itu data jumlah penerimanya berapa, jumlah KK-nya berapa. Jadi kelihatan nanti itu, tidak mungkin jumlah penerima lebih banyak dari KK yang ada,” bebernya menambahkan.

Lanjut H. Alex lagi, data-data ini nantinya akan direkapitulasi dan disampaikan kepada Pansus.

“Data itu nantinya akan kita rekapitulasi dan serahkan kepada Pansus, nanti kita sandingkan dengan data Sekber, apakah sesuai atau tidak,” ungkapnya.

Senada dengan H. Alex, politisi PKB, Akhmad Jumadi berjanji untuk terus mengawal setiap proses terkait penyaluran bansos penanganan dampak Covid-19 tersebut.

“Kami akan terus turun ke lapangan, untuk memastikan bahwa masyarakat benar-benar menerima bansos sesuai dengan harapan dan sasaran,” janjinya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: