Jelang Penerapan New Normal, Palangka Raya Tetap Jalankan PSKH

FOTO : Situasi saat pandemi covid-19 di Kota Palangka Raya (8/5/2020)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA –  Pemerintah Kota Palangka Raya tetap menjalankan Pembatasan Sosial Kelurahan Humanis (PSKH), sebelum menuju penerapan New Normal” atau tatanan kehidupan baru.

“Apabila indikator terpenuhi maka Palangka Raya dapat menerapkan new normal,” Kata Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, Kamis (4/6/2020).

Lanjutnya mengatakan, untuk menuju new normal maka semua elemen masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Termasuk berlaku pada beragam bidang usaha yang dijalankan masyarakat.

“Mematuhi protokol kesehatan ini tentu lebih utama ketika masyarakat beraktivitas dalam bidangnya masing-masing. Ingat, pandemi ini masih berlangsung,”ujar Fairid.

Ia mencontohkan para pelaku usaha kuliner berupa bisnis rumah makan, cafe hingga restoran.Meskipun tetap bisa buka namun harus menjalankan ketentuan tidak melayani dine in alias makan di tempat. Sebaliknya hanya melayani take away bagi pelanggan yang memesan makanan.

Sejatinya Palangka Raya saat ini kata Fairid, tak ubahnya seperti menjalankan tahapan kebijakan tatanan kehidupan baru atau new normal. Sebut saja dengan beroperasinya rumah makan dan cafe tidak lain bagian dari salah satu upaya menjalankan new normal.

“Meningkatkan kepatuhan masyarakat menggunakan masker dan membatasi aktivitas diluar rumah saat tidak ada kegiatan mendesak merupakan tahapan memasuki kebijakan tersebut,” ucapnya.

Akan tetapi imbuh Fairid, apabila kasus penyebaran pandemi virus korona belum menunjukkan penurunan, maka upaya menuju new normal belum bisa maksimal dilakukan.

“Adanya aturan bukanlah bersifat membatasi aktivitas masyarakat, namun lebih untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi virus ini,” tandasnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: