Politisi Ini Ajak Warga Amalkan Pancasila Dalam Kehidupan

Foto : Ensilawatika Wijaya

Beritakalteng.com, BUNTOK – Pancasila merupakan asas kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karena itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan, Ensilawatika Wijaya mengajak seluruh masyarakat, agar hendaknya Pancasila dipahami dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selaku warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel ini, menekankan bahwa momentum kelahiran Pancasilam merupaka  dasar berdirinya bangsa Indonesia. Sehingga penting bagi setiap warga negara untuk memaknai dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, bertujuan untuk memantapkan makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat.

“Itulah alasan mengapa setiap Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila,” ucapnya kepada awak media, Senin (1/6/2020).

Dijelaskannya, Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia yang terdiri dari dua kata yang diambil dari bahasa sansekerta, yaitu ‘Panca’ berarti “lima” dan ‘Sila’ yang mengandung makna prinsip atau asas.

“Bisa disimpulkan bahwa Pancasila merupakan lima rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia,” tukasnya.

“Untuk itu, mari bersama-sama kita pahami dan amalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya.

Sambung Ensi lagi, pentingnya pengamalan Pancasila dalam kehidupan sendiri, merupakan bagian dari upaya bersama menjaga kokohnya kedaulatan NKRI.

Dengan adanya pemahaman dan pengamalan Pancasila yang kuat dari masing-masing individu warga negara, diyakini Ensi mampu menjadi tembok besar yang menjaga keutuhan NKRI, sehingga tidak akan mampu digoyahkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab, baik dari dalam maupun luar.

“Oleh karena itu, ayo kita jaga semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi keutuhan NKRI. Jangan mudah terpecah belah akibat adu domba pihak lainnya,” tandasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: