Kerjasama Akademik, UPR dan FPIK UB Lakukan Pengembangan Ilmu Perikanan

Foto : Rektor UPR Dr Andrie Elia Embang SE MSi ketika menerima secara langsung kunjungan Dekan Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang (FPIK UB), Prof Dr Ir Happy Nursyam MS beserta rombongan, Jumat (06/03) tadi pagi.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Unsur Pimpinan Universitas Palangka Raya (UPR), DR Andrie Elia Embang beserta jajaran, menerima kunjungan silahturahmi dari Dekan Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang (FPIK UB), Prof Dr Ir Happy Nursyam MS beserta rombongan, Jumat (06/03) tadi pagi.

Pertemuan ini digelar di Ruang Rapat Rektor UPR, lantai 2 gedung Rektorat UPR, dihadiri langsung oleh Rektor UPR Dr Andrie Elia Embang SE MSi, 2 (dua) orang Wakil Rektor UPR, yakni Prof Dr Sulmin Gumiri PhD dan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd, Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UPR Dr Susilawaty MP dan unsur civitas akademika UPR lainnya.

Adapun tujuan kunjungan silahturahmi ini, ialah dalam rangka kerjasama akademik, terutama dalam pengembangan ilmu dalam bidang perikanan. Yang mana, selanjutnya kedua institusi pendidikan tinggi ini, dapat saling berkontribusi dan memberikan manfaat satu sama lainnya.

Dengan melakukan berbagai kegiatan lanjutan, seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat luas, sebagaimana adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah ini.

Menurut Rektor Universitas Palangka Raya, Dr Andrie Elia SE MSi menyampaikan, melalui adanya kerjasama ini, maka diharapkan dapat memberikan dampak positif, terutama dalam upaya peningkatan pendidikan dalam bidang perikanan.

“Kerjasama ini sangat tepat dilakukan, terlebih lagi dengan melihat potensi daerah Kalimantan Tengah ini, yang memiliki wilayah perairan, dengan sungainya yang banyak, berikut potensi perikanannya. Sehingga, pengembangan ilmu bidang perikanan, menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan. Atas kerjasama ini, Saya sangat menyambut baik dengan adanya kerjasama tersebut,” Ucap Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, saat seusai menerima kunjungan FPIK UB tadi pagi.

Kembali diharapkannya, melalui kerjasama ini juga bisa mendorong mempersiapkan pengembangan kawasan pertanian terpadu milik UPR. Karena, sekedar untuk diketahui bahwa UPR, saat ini sudah mempersiapkan satu kawasan seluas kurang lebih 5 hektare, sebagai tempat pengembangan kawasan pertanian terpadu.

“Disana, tidak hanya berfokus pada pengembangan sektor pertanian, melainkan juga sektor lainnya akan turut dikembangkan, seperti peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan,” terang Dr Andrie Elia SE MSi yang sekarang juga menjabat sebagai Ketua Harian DAD Kalteng tersebut.

Sementara itu, usai pertemuan tersebut, Dekan FPIK UB Prof Dr Ir Happy Nursyam MS mengatakan, adapun tujuan kunjungan kali ini, ialah pihaknya ingin bertemu dan bersilaturahmi bersama Rektor UPR bapak Dr Andrie Elia SE MSi beserta jajaran, yakni dalam rangka penandatanganan Nota Kerjasama Akademik, terutama dalam bidang perikanan.

“Kami baru saja melakukan penandatanganan MoU Kerjasama Akademik, terutama dengan Faperta UPR. Mengingat, kedua Perguruan Tinggi ini, sama-sama memiliki jurusan perikanan. Yang mana harapannya, bisa saling bekerjasama dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang perikanan,” Kata Prof Dr Ir Happy Nursyam MS, kepada awak media.

Sambungnya, melalui kerjasama ini maka harapannya, bisa berlanjut, dengan berbagai bentuk kegiatan bersama berikutnya, seperti penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Harapannya, hasil dari kerjasama ini, tidak hanya berguna dalam upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga berbagai inovasi yang dihasilkan memiliki nilai manfaat besar, bagi masyarakat luas.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: