DPRD Kota Ingin Pengembangan Wisata Libatankan Semua Pihak

Foto : Salah satu destinasi wisata yang ada di Palangka Raya (Wisata Air Hitam) 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Kota Palangka Raya memiliki sejumlah tempat destinasi wisata. Yang sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal, nasional maupun mancanegara. Jika itu dikelola dengan baik, serta melibatkan semua pihak, maka diyakini akan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota ini.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, M Hasan Busyairi kepada awak media, disela-sela kesibukannya, Jumat (06/03).

Menurut Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, M Hasan Busyairi menyampaikan, Kota Palangka Raya memiliki banyak objek wisata unggulan khas ‘Kota Cantik’. Sudah pasti, dalam upaya pengembangan tempat wisata tersebut, sangat memerlukan keikutsertaan masyarakat dan swasta, terutama dalam upaya membenahi dan melestarikan destinasi wisata tersebut.

“Selain menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, melalui SOPD terkait, pengembangan sektor pariwisata juga membutuhkan keterlibatan antar pihak, terlebih dari para pelaku usaha (pihak ketiga), yang mana harapannya bisa terciptanya sebuah sinergitas bersama,” Ucapnya, Jumat (06/03).

Jika tidak, pariwisata di Palangka Raya tidak akan berkembang dengan baik,” kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, M Hasan Busyairi beberapa waktu yang lalu.

Dijelaskannya, sentuhan tangan dari pihak swasta dan masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan obyek dan daya tarik wisata sangat diperlukan, sebagai salah satu upaya memperindah, dan pemeliharaan berbagai potensi objek wisata Palangka Raya di masa mendatang.

“Masyarakat perlu diajak bekerja sama untuk menjaga, memelihara, dan melestarikan objek dan daya tarik wisata daerah ini. Keterlibatan masyarakat akan membawa dampak positif. Selain untuk menambah pendapatan mereka, juga berpengaruh kepada pendapatan asli daerah (PAD) kita,” tuturnya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, objek wisata unggulan seperti Daerah Wisata Air Hitam, Taman Wisata Bukit Tangkiling, Wisata Susur Sungai, dan Kawasan Wisata Flamboyan Bawah perlu mendapat perhatian serius pemerintah, tak hanya dari pemerintah kota namun juga pemerintah provinsi.

“Kita akan terus berkomitmen untuk mendorong secara berkelanjutan kepada pihak-pihak terkait di pemerintahan, agar bisa mengembangkan potensi wisata disini, yang tak hanya dari sumberdaya manusia dan alam, namun juga peningkatan fasilitasnya,”

“Potensi pariwisata kita luar biasa. Kita yakin dapat terwujud manakala semua elemen bekerja sama sinergi. Semangat dan optimisme yang kuat untuk membangun kota ini merupakan modal utama yang harus digelorakan,” pungkas Hasan.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: