DPRD Kota Berharap Kabar Virus Corona Tidak Mempengaruhi Ketersediaan Bahan Pokok

Foto : Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita berharap, dengan adanya kabar bahwa virus Corona (Covid-19) sudah masuk ke Indonesia, tidak mempengaruhi ketersediaan sejumlah kebutuhan bahan pokok di ‘Kota Cantik’ ini.

Pasalnya, adanya aksi borong makanan dan sembako oleh masyarakat di Jakarta dan sejumlah kota besar di Indonesia, menjadi perhatian tersendiri, dari Politisi Partai Perindo ini. Dirinya menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan hal serupa.

Sebab, pembelian makanan dan sejumlah bahan pokok, dapat menyebabkan menipisnya sejumlah bahan pokok tesebut. Selain itu, harga sejumlah kebutuhan pokok pun akan merangkak naik, sehingga itu sangat tidak dianjurkan.

“Saya menghimbau, kepada masyarakat Kota Palangka Raya, jangan sampai membeli bahan makanan dan sembako, dalam jumlah yang besar bahkan berlebih. Kejadian, seperti di Jakarta dan sejumlah kota besar lainnya, itu hanya suatu bentuk kepanikan (panic buying), atas respon terhadap kabar tersebut,” Ucapnya, Jumat (06/03).

Sambung Ruselita, adanya kejadian tersebut bahkan bisa saja dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab, terutama para spekulan, yang diduga menimbun barang tersebut, sehingga berimbas pada kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

“Saya juga meminta, agar Pemerintah Kota (Pemko), melalui SOPD terkait dapat melakukan pengawasan secara rutin, terhadap ketersediaan sejumlah bahan pokok. Dan, apabila ditemukan indikasi ke arah sana, agar dapat diidentifikasi, kapan perlu itu ditindak tegas jika memang itu terbukti. Mengingat,  hal tersebut sudah tidak sewajarnya terjadi, yang memanfaatkan kondisi tersebut,” Ujarnya menyarankan.

Dirinya juga mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap tenang, sembari tetap waspada terhadap penularan virus tersebut. Mengenai masalah dampak dari virus Corona (Covid-19), sebaiknya itu percayakan kepada pemerintah. Karena, saat ini pemerintah tengah mengambil berbagai langkah strategis, sebagai upaya penanggulangan dampak Virus Corona (Covid-19).

“Masyarakat sebagai konsumen, memang memiliki hak untuk mendapatkan barang dengan harga wajar. Apabila kondisi di pasaran masih belum mengalami perubahan yang signifikan. Kita harap virus ini tak sampai pengaruhi ketersediaan sembako di Kota Palangka Raya,” Imbuhnya.

Ditambahkannya, agar masyarakat khususnya yang berada di Kota Palangka Raya, untuk tetap menjaga kebersihan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, kemudian sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, atau bisa juga sesekali menggunakan cairan antiseptic, dan juga perbanyak minum air putih.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: