Dorong Kualitas Lulusan Kedokteran, AIPKI Gelar Pertemuan Forum Dekan

Foto : Pertemuan Bersama Para Dekan Fakultas Kedokteran di Ballroom Tanjung Paring 2, Hotel Bahalap, Kota Palangka Raya

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Forum Dekan yang tergabung ke dalam Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (FORDEK AIPKI) wilayah IV, menggelar pertemuan bersama para Dekan Fakultas Kedokteran, yang berasal dari sejumlah Perguruan Tinggi, yang ada di wilayah IV, Senin (24/02).

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Tanjung Paring 2, Hotel Bahalap, Kota Palangka Raya ini, yang menjadi tuan rumah ialah FK UPR, serta diikuti pula sejumlah Dekan Fakultas Kedokteran (FK), yang berasal dari  Perguruan Tinggi, yang masuk ke wilayah IV Indonesia, meliputi Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Kalimantan (Kalteng, Kalsel, Kalbar dan Kaltim).

Adapun anggota, diantaranya ialah  FK Universitas Gadjah Mada, FK Universitas Sebelas Maret, FK Universitas Diponegoro, FK Universitas Islam Sultan Agung, FK Universitas Islam Indonesia, FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, FK Universitas Palangka Raya, FK Universitas Mulawarman.

Serta, FK Universitas Muhammadiyah Semarang, FK Universitas Muhammadiyah Surakarta, FK Universitas Muhammadiyah Purwokerto, FK Universitas Jendral Soedirman, FK Universitas Tanjungpura, FK Universitas Lambung Mangkurat, FK Universitas Kristen Duta Wacana, FK Universitas Ahmad Dahlan.

Menurut Dekan FK UPR sekaligus sebagai tuan rumah, Dr dr Syamsul Arifin menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membawa pengaruh positif, kepada peningkatan pendidikan di FK UPR ini sendiri. Karena, saat ini FK UPR sedang berupaya keras, mengoptimalkan berbagai peningkatan.

Dijelaskan Dr dr Syamsul Arifin, setidaknya ada 3 (tiga) agenda utama, yang akan menjadi fokus bersama, yakni Revisi Kurikulum, Akreditasi Jurnal, serta Pengembangan SDM, terutama para tenaga pendidik/dosen yang ada di bawah FK UPR.

“Sehingga, ketika itu sudah dijalankan, maka akan berdampak pada meningkatnya penyelenggaraan pendidikan di FK UPR. Dan, inilah yang menjadi harapan kita, agar FK UPR bisa meluluskan SDM yang memiliki kompetensi, dan daya saing tinggi,” ucap Dr dr Syamsul Arifin.

Sementara itu, masih di tempat yang sama, Ketua FORDEK AIPKI wilayah IV, dr Linda Rosita MKes.,  Sp.PK menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Fakultas Kedokteran di masing-masing perguruan tinggi.

“Mengingat FORDEK AIPKI wilayah IV ini, ada 17 perguruan tinggi. Dan, Fakultas Kedokteran di dalamnya, ada yang baru, ada pula sudah lama. Namun, itu diharapkan agar dapat saling berkolaborasi, saling menguatkan, dan saling menunjang satu sama lainnya. Sehingga, lulusan kedokteran dari perguruan tinggi manapun, akan memiliki kualitas yang sama,” terang ibu dokter yang murah senyum ini.

dr Linda Rosita MKes., Sp.PK juga menambahkan, melalui pertemuan ini, diharapkan juga dapat dijadikan wadah, untuk saling berkontribusi gagasan, dalam rangka membangun dan mempersiapkan institusi pendidikan, yang mampu meluluskan mahasiswa, dengan kualitas dan kompetensi, sesuai keahlian bidang nya masing-masing.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: