Sejarah Baru Tercetak, PPS UPR Luluskan Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Lingkungan

Foto : Sidang Promosi Doktoral UPR, yang menetapkan Saptawartono Layak menyandang predikat Doktor Ilmu Lingkungan, Kamis (13/02).

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Sejarah baru dicetak Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS UPR). Pasalnya, hari ini Kamis 13 Februari 2020, baru meluluskan seorang mahasiswa program doktoral, yakni atasnama bapak Dr Saptawartono dengan predikat kelulusan Cum Laude.

Kegiatan Sidang Promosi Doktoral yang berlangsung di Aula Rahan, lantai 2 gedung Rektorat UPR ini, dihadiri oleh Rektor UPR sekaligus sebagai Ketua Sidang Promosi Doktoral Dr Andrie Elia SE MSi, Direktur Pascasarjana sekaligus sebagai Sekretaris Sidang Promosi Doktoral Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP,  para promotor dan tim penguji lainnya, dan kandidat  doktor itu sendiri, yakni bapak Saptawartono, yang didampingi istri dan anaknya, dan serta hadir pula para tamu undangan lainnya.

Saat dibincangi para awak media, Rektor UPR sekaligus sebagai Ketua Sidang Promosi Doktoral Dr Andrie Elia SE MSi menyampaikan, kita patut berbangga, karena UPR telah berhasil meluluskan mahasiswa S3 Ilmu Lingkungan, dari PPS UPR, atasnama Dr Saptawartono.

“Kita sangat berbangga, karena UPR mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, secara nasional. Karena, kita sudah mempunyai Program S3 Ilmu Lingkungan, dan telah memiliki lulusan. Dan, semoga dengan ini masyarakat Kalimantan Tengah, yang ingin melanjutkan studi, tidak lagi jauh-jauh ke luar daerah,” ucap Rektor UPR.

Dr Andrie Elia SE MSi yang juga Ketua Sidang Promosi Doktoral UPR ini menuturkan, kedepan UPR juga akan membuka program Diploma, dan beberapa program pascasarjana lainnya, seperti Program Pascasarjana Ilmu Sosial dan Politik dan Program Doktoral Ilmu Hukum.

“Sekarang, itu sedang kita upayakan, untuk sesegera mungkin dibuka. Kami juga memohon dukungan doa, dari segenap lapisan masyarakat Kalteng, supaya apa yang dicanangkan ini, dapat terwujud. Selain itu, kami juga mengajak masyarakat Kalteng, agar dapat melanjutkan studinya di UPR, karena saat ini UPR, sudah membuka pendidikan tinggi jenjang S1 S2 bahkan S3,” kata Dr Andrie Elia SE MSi, yang sekarang juga menjabat Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng.

Sementara itu, Direktur PPS UPR Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP mengungkapkan rasa bangganya, atas pencapaian yang telah dilakukan oleh PPs UPR, dibawah kepemimpinannya dapat meluluskan seorang mahasiswa Program Doktoral Ilmu Lingkungan. Ini merupakan kali pertamanya, PPS UPR meluluskan mahasiswa S3 Ilmu Lingkungan.

Dirinya merasa bangga, bersyukur dan bahagia. Karena pada saat awal saya dipercaya oleh pak rektor memimpin PPs UPR ini, saya terus menjalankan mandat yang diberikan tersebut. Dan, dengan telah lulusnya mahasiswa Program Doktoral Ilmu Lingkungan atasnama bapak Saptawartono, dengan masa studi 3 tahun 2 bulan, sehingga berhasil meraih predikat cum laude. Hal itu, menjadi pencapaian yang patut dibanggakan.

Melalui tahapan-tahapan pendidikan, seperti menjalani mata kuliah, kemudian kualifikasi, seminar proposal, penelitian, ujian tertutup, hingga terakhir ujian terbuka pada sidang promosi doktoral ini.

“Untuk mempersiapkan penyelenggaraan Sidang Promosi Doktoral ini, kami harus melalui beberapa rangkaian dan proses yang cukup panjang, mulai dari persiapan hingga pada pelaksanaan, yang puncaknya diselenggarakan pada hari ini. Oleh sebab itu, saya juga mengucapkan terima kasih, kepada panitia, yang diketuai oleh Dr Saputra beserta rekan-rekan panitia lainnya, yang telah mempersiapkan dan berhasil menyelenggarakan Sidang Promosi Doktoral, dengan baik aman tertib dan lancar,” ucap Prof Dr Ir Yetrie Ludang, menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara.

Ini merupakan bentuk komitmen, dari UPR sebagai perguruan tinggi tertua di Provinsi Kalteng, sekaligus salah satu upaya UPR mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang memiliki kompetensi dan daya saing.

Disisi lain, ketika dibincangi awak media, Mahasiswa PPS UPR yang baru lulus menjalani sidang promosi doktoral, Dr Saptawartono mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, terutama kepada Rektor UPR bapak Dr Andrie Elia SE MSi sekaligus Ketua Sidang Promosi Doktoral UPR, Direktur PPS UPR sekaligus sebagai Sekretaris Sidang Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP, Promotor Utama sekaligus penguji Dekan FISIP UPR Prof Drs Kumpiady Widen MA PhD.

Lalu Co-Promotor I sekaligus penguji Hendrik Segah Shut Msi PhD, Co-Promotor II sekaligus penguji Dr Ir Yanarita MP, penguji Dr Suriansyah Murhaini SH MH, penguji Dr Ir Johanna Maria Rotinsulu MP, penguji Prof Dr Ir Bambang S Lautt Msi, dan Penguji Luar Perguruan Tinggi Prof Dr Robert Sibarani MS dari Universitas Sumatera Utara (USU).

“Secara pribadi, saya sangat bersyukur karena telah berhasil melalui masa studi, dan dinyatakan lulus dengan predikat Cum  Laude. Tidak lupa, saya menyampaikan terima kasih atas bimbingan yang diberikan selama menempuh pendidikan di PPS Ilmu Lingkungan UPR,” kata Dr Saptawartono seusai menjalani Sidang Promosi Doktoral.

Ditambahkannya, kedepan dirinya akan terus berkomitmen, dengan gelar Doktor Ilmu Lingkungan yang berhasil diraih ini, akan terus berkontribusi, untuk kemajuan pembangunan daerah Kalteng, dan kemajuan ilmu pengetahuan, dengan tetap menjaga nama baik almamater PPS Ilmu Lingkungan UPR.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: