Pos Lalu Lintas Ternak Akan Dibuka Di Kecamatan Patangkep Tutui Bartim

Foto : Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Barito Timur Ir. Riza Rahmadi

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Barito Timur akan segera membuka pos Lalu Lintas Ternak yang berada di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Barito Timur Ir.Riza Rahmadi mengatakan Pos Lalu Lintas Ternak untuk sementara menggunakan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Patangkep Tutui,  sembari menunggu adanya pengembangan untuk membangun Pos Lalu Lintas Ternak dari Kementrian Pertanian di Jakarta

“Untuk tahun ini dari Kementrian  Pertanian akan menganggarkan pembangunan sebanyak 100 buah Pos Lalu Lintas Ternak untuk seluruh indonesia, kita akan memperjuangkan supaya kita dapat untuk membangun Pos Lalu Lintas Ternak nantinya,” ucap Riza. Kamis (13/2).

Ia mengatakan, sangat memprioritaskan untuk pembukaan Pos Lalu Lintas Ternak di Desa Bentot nantinya untuk mencegah penularan penyakit melalui unggas yang diangkut melintasi wilayah kabupaten Barito Timur tersebut.

“Dari jalan Bentot sampai Patung menjadi jalur pelintasan baru untuk angkutan ternak terutama unggas dari Provinsi Kalimantan Selatan menuju Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, dan kota lainya.

Terpisah, Dokter Hewan yang melaksanakan tugas di Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Barito Timur, Rizaldi mengungkapkan bahwa setiap unggas yang melewati Pos Lalu Lintas Ternak akan selalu disemprot disinfektan untuk mencegah terjadinya infeksi atau juga penularan bakteri dari virus unggas tersebut kepada manusia  maupun juga ternak lainya

Selain itu juga menyemprotkan disinfektan, angkutan ternak yang selalu melintasi pos akan dikenakan biyaya retribusi berdasarkan Perda Kabupaten Barito Timur Nomor 6  Tahun 2011. Untuk mobil pick up dikenakan tarif biaya Rp.20 ribu untuk truck sebesar Rp.50 ribu.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: