DPRD Berharap PMI Palangka Raya Dapat Dukungan Dari Pemerintah Kota

Foto : Ketua DPRD Kalteng, Sigit K Yunianto ketika sedang memimpin rapat paripurna

Beritakalteng.com,PALANGKA RAYA- Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Palangka Merah Indonesia (PMI), terutama dalam bidang kemanusiaan. Peran PMI sendiri sangatlah penting dan patut didukung oleh semua pihak.  Seperti, PMI Kota Palangka Raya,  yang saat ini juga perlu mendapat dukungan dari semua pihak.

Seperti yang disampaikan Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, saat dibincangi awak media mengatakan bahwa PMI merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, untuk itu perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, untuk menjalankan semua kegiatannya.

“Keberadaan PMI, terutama unit transfusi darah, telah diakui oleh banyak pihak, dimana telah memberikan banyak manfaat dan pertolongan bagi para pasien/penderita yang membutuhkan darah. Sebab itu, hendaknya Pemko harus ikut memperhatikan serta berperan bersama PMI,” kata Politisi PDIP Kalteng ini, kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Sambung Sigit, PMI Kota Palangka Raya merupakan mitra kerja pemerintah, yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, terutama tugas-tugas kepalangmerahan, diantaranya yakni, Kesiapsiagaan Bantuan dan Penanggulangan Bencana, serta memberikan bantuan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat.

“Dimana PMI juga mendapat perhatian di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan memperkuat peranan PMI didalam melaksanakan tugas kemanusiaan,” jelasnya.

Ditambahkannya, sebagai mitra kerja pemerintah, maka PMI juga perlu mendapatkan perhatian, sehingga pemerintah akan mengetahui apa yang menjadi permasalahan PMI didalam melaksanakan tugasnya. Misalkan, kendala pada sarana dan prasarana (sapras), agar juga dapat diperhatikan.

“Setelah saya melaksanakan donor darah, pada beberapa waktu lalu, pihak PMI juga menyampaikan jika saat ini masih minim kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah,” Imbuhnya.

Padahal ucap Sigit, jika kita melaksanakan donor darah secara rutin, maka akan banyak manfaat yang didapat, diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi tanda-tanda penyakit serius, dan tentu akan membuat badan menjadi lebih sehat secara psikologis, serta memperpanjang usia.

“Dalam kesempatan ini, Saya selalu Ketua DPRD Kota Palangka Raya, mengajak masyarakat dapat meluangkan waktunya, untuk melaksanakan donor darah, demi membantu organisasi PMI kita, dalam menyiapkan stok darah bagi para pasien, yang sangat membutuhkan.”

“Karena PMI memiliki peran penting, dalam bidang kemanusiaan, terlebih lagi para pasien yang sedang membutuhkan pasokan darah,” tutup pria berkacamata tersebut.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: