Dewan Bartim Ini Minta Pemda Fokus Tangani Sampah

Foto : Anggota DPRD Bartim, H. Zain Alkim

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim) meminta pemerintah setempat agar fokus dalam menangani masalah sampah didaerah.

Seperti yang disampaikan, Anggota DPRD Bartim, H. Zain Alkim peningkatan volume sampah dalam berapa waktu terakhir masih belum diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana memadai.” H. Zain Alkim, senin (3/2).

“Perlu pemikiran bersama dan kerjasama seluruh pihak agar dalam menyikapi persoalan ini, karena sampah menjadi permasalahan yang cukup pelik didaerah,” Katanya, Senin (3/2)

Kondisi tersebut juga didukung dengan kurangnya partisipasi aktif masyarakat dalam memperhatikan kualitas lingkungan disekitar masing-masing.

Dijelaskannya kembali, pihak teknis pemerintah harus mengalokasikan pembuatan Tempat Penampungan Sampah (TPS) yang terkonsentrasi, yaitu pembangunan disejumlah titik yang telah terkordinasi.

Ketika ditemukan permasalahan restu atau keberatan dari warga, pemerintah dapat mensosialissikan hal tersebut secara persuasif kepada masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut lebih efektif karena warga diajak untuk menyadari bersama pentingnya penampungan sampah untuk menciptakan tata kota yang bersih, sekaligus menghindari kemungkinan munculnya polusi bau atapun penyakit akibat sampah.

“Yang terpenting adalah pendekatan dan komunikasi yang harus diterapkan kepada masyarakat. Meski sulit namun lambat laun kesadaran akan muncul mengenai pentingnya kebersihan dalam menunjang aktivitas masyarakat,” tambahnya.

Masyarakat juga diimbau agar selalu menjaga kebersihan. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan terkecil yaitu perkarangan. Melalui upaya tersebut, ia sangat yakin secara bertahap peneraanya dapat menjamah dalam skala lebih luas, yaitu lingkungan sekitarnya.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: