Petani Bartim Mulai Gunakan Transplanter Untuk Tanam Padi

Foto : mesin tanam transplanter yang digunakan petani untuk menanam padi.

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur (Bartim), Ir Riza Rahmadi, sanggat mendukung penggunaan alat mesin pertanian (Alistan) salah satunya yakni mesin tanam transplanter untuk menanam padi.

Penggunanya alat transplanter dapat lebih mempercepat tanam padi karena cuma membutuhkan waktu sekitar 10 menit dalam waktu menyelesaikan pekerjaan menanam padi diatas areal seluas wilayah 1/7 Hektare.

“Supaya menjadi lebih menghemat biaya karena mengurangi upah tanam, dan juga dengan alat transplanter ini dalam proses menanam padi kita lebih menghemat waktu dan tenaga,” kata Riza, jumat (13/12) siang tadi.

Lanjutnya, untuk percepatan pola pertanaman dengan menggunakan alat transplanter juga secara langsung akan lebih meningkatkan produksi dan juga produktivitas pertanian.

Riza berpesan, peran para penyuluh pertanian diwilayah kerjanya masing-masing agar terus menggalakan pemanfaatan alat transplanter saat musim tanam padi maupun juga alsintan lain kepada para petani ditempat binaanya masing-masing.

“Diharapkan dengan bekal modernisasi pertanian dan peningkatan produktivitas alat pertanian melalui penggunaan alsintan, agar petani-petani dibarito timur makin tambah sejahtera,” pungkasnya.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: