Penanaman Perdana di Lahan Cetak Sawah Desa Puri Barito Timur

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Kelompok Tani Daya Bina Desa Puri Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penanaman perdana padi varietas unggul lokal Siam Busu di lahan cetak sawah, senin (2/12).

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Barito Timur, Ir. Riza Rahmadi mengungkapkan, pada awalnya di desa puri hanya terdapat dua kelompok tani dan sering terjadi polemik antar anggota kelompok tani, yang menyebabkan lahan cetak sawah tersebut belum dimanfaatkan.

“Nanti agar dipermudahkan pembinaan kelompok tani tersebut kita pecahkan menjadi 5 kelompok tani yaitu Berkat Bersama, Jaya Bina, Sertaba, Maju Bersama 2,” jelas Riza di sela dalam kegiatan tanam perdana.

Riza berharap, dengan pemecahan kelompok tersebut, lebih lanjut Riza, untuk lahan cetak sawah pada tahun 2017 di Desa Puri seluas 120 Hektare dapat digunakan secara optimal.

“Untuk tahun 2020 nanti kita akan masukan dalam program serasi untuk optimalisasu lahan sawah tersebut, dengan membuat pematang saluran irigasi dan pintu,” jelasnya.

Terpisah Kepala Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Raren Batuah Kateluniati berharap agar berbagai program yang digulirkan pemerintah untuk petani dapat diterima petani, serta sarana dan prasarana yang disediakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

“Kemudian kalau ada permasalahan yang dihadapi oleh petani maupun kelomppk tani, bisa agar kpnsultasi dengan kita di BPP sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Pertanian,” pungkasnya.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: