Waspadai Penyakit DBD di Musim Penghujan

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur mengingatkan agar masyarakat waspada dengan penyakit yang kerap terjadi pada musim hujan saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Dr Simon Biring mengatakan, agar masyarakat dapat lebih waspada terhadap sejumlah penyakit akibat pergantian musim kemarau ke musim hujan.

“Dalam pergantian musim kemarau ke musim hujan, untuk penyakit sering timbul, antara lain seperti penyakit demam berdarah (DBD), Influenza, batuk dan diare,” ucapnya kamis (28/11) pagi tadi.

Anak usia balita termasuk rentan mengalami infeksi virus selama musim pancaroba saat sekarang ini, meski tidak menutup kemungkinan bisa menjangkit ke orang dewasa, oleh sebab itu lanjut Simon, masyarakat harus perlu dan wajib untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Untuk seluruh pukesmas yang ada diwilayah Barito Timur untuk mempersiapkan pelayanan jika terjadi peningkatan maupun wabah penyakit tertentu khususnya dimusim hujan saat ini.

Dinkes berharap melalui upaya promotif preventif kesehatan di semua pukesmas barito timur, kita harus bisa mempersiapkan masyarakat untuk mengantisipasi penyebab penyakit disaat musim hujan sekarang.

Simon juga mengajak dan sekaligus mengingatkan agar warga masyarakat agar selalu mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan sumber air, serta tidak buang air besar sembarang.

“Dan segeralah berobat dilayanan pukesmas terdekat, bila ada gangungan kesehatan,”Pungkasnya.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: