Dinas Kesehatan Bartim Rutin Cek Kesehatan Bagi Lansia

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Demi menjaga kesehatan dan kebugaran buat para lansia di Barito Timur (Bartim). Dinas Kesehatan Barito Timur, mengadakan cek kesehatan bagi para lansia yang dilaksanakan di UPT Pukesmas Tamiang layang, Jumat (18/10).

Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Simon Biring didampingi oleh Kapolres Barito Timur berserta jajaranya, mengungkapkan, dalam kegiatan kali ini merupakan pelayanan kesehatan promotif dan juga preventif bagi para lanjut usia (Lansia)

“Simon menjelaskan, pelayanan kesehatan preventif suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu penyakit masalah atau penyakit, Jelas Simon.

Masih kata Dr. Simon, dalam pelayanan kesehatan promotif adalah bagian dari kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan bersifat promosi kesehatan.

Contohnya ujar Simon, seperti hari ini bagi para lansia setiap minggu mereka mengikuti senam agar dihari tua nanti tetap sehat dan bugar.

Dalam pelayanan kesehatan promotif dan juga preventif, bagi para lansia diusahakan agar tetap segar dan sehat melalui olah raga ringan, dan juga pola makan harus diatur.

” Untuk saat ini lansia tidak lagi menjadi beban bagi keluarga, mereka akan menjadu lansia yang mandiri dan juga produktif,” ungkapnya.

Simon menuturkan, setiap lansia harus diperiksa dan dipantau kesehatanya, dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat(KMS) bagi para lansia setiap bulan melalui kegiatan Posyandu Lansia di setiap desa yang ada di kecamatan.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: