Pencapaian Langkah Sterategis Melalui Rakordal Program Pembangunan Triwulan III 2019

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Mengidentifikasi dan menginventarisir permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan dan tindak lanjut yang diperlukan, serta percepatan penyerapan anggaran dan penyelesaian fisik kegiatan.

Pemerintah Provinsi Kalteng melaksanakan kegiatan rapat koordinasi pengendalian program-program pembangunan Provinsi Kalteng triwulan III tahun 2019 di Aula Serba Guna Bappedalitbang Kalteng Palangka Raya.

Kepala Bappedalitbang Kalteng Yuren S Bahat menyampaikan, hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan rakordar tersebut yakni, tersusunya laporan realisasi kinerja dan realisasi anggaran.

“menghasilkan realisasi atau capaian kinerja pembangunan dalam RPJMD 2016-2021. Menghasilkan rencana percepatan realisasi pendapatan belanja daerah dan belanja daerah tahun 2019″ kata Yuren dalam sambutan, rabu (15/10).

Tidak hanya itu saja, hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini diantaranya menghasilkan rumusan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan dan tindak lanjut yang diperlukan, serta percepatan penyerapan anggaran dan penyelesaian fisik kegiatan.

“terwujudnya konsistenasi antara perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program, dan terakhir dapat memberikan masukan kepada Gubenur, Bupati, dan Walikota dalam rangka pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan” bebernya.

Ditempat yang sama Gubenur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan, perlu adannya sinergitas kuat antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota dalam menentukan langkah-langkah strategis.

“kita selalu menggali potensi pendapatan daerah yang ada, meski belum maksimal tapi terus kita perbaiki” ujar Suganto.

Adapun langkah-langkah strategis dalam pencapaian pendapatan daerah kedepanya yakni bagaimana pemeritah baik Provinsi, Kabupaten atau Kota dapat menjalankan Peraturan Gubernur (Pergub) No.16 tahun 2016 perihal plat Non KH.

Pihaknya mengakui bahwa pergub tersebut masih belum maksimal dilakasanakan. Pasalnya, masih banyak unit kendaraan perusahaan yang masih menggunakan plat non KH.

“masih banyak plat kendaraan perusahaan yang non KH. Kita harus benar-benar yakin kalau apa yang kita lakukan betul-betul menggali sumber pendapatan daerah”pungkasnya.

Berdasarkan hasil pantauan dilapangan, kegiatan Rakordal dihadiri Ketua DPRD Kalteng, SKPD Provinsi Kalteng, FORKOPINDA, sejumlah pimpinan Daerah Kabupaten dan Kota se Kalteng, Tokoh Agama, Masyarakat, Adat, Pemuda dan tamu undangan.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: