Wujudkan Ketahanan Pangan Dari Desa Sampai Ke Kota

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Pemerintah Kabupaten Barito Timur Melalui Dinas Ketahanan Pangan, mengelar rapat kordinasi dewan ketahanan pangan di Aula Dinas Pertanian yang dihadiri oleh SOPD dan para camat sebarito timur, selasa (15/10).

Bupati Ampera ay Mebas, yang menjabat sebagai Ketua Dewan Ketahan Pangan mengatakan dalam kegiatan rakor ini, merupakan amanat dari undang-undang untuk mewujudkan ketahanan pangan dikabupaten dari desa sampai kota.

“Ketahanan Pangan merupakan dasar manusia yang paling di nomor satukan, dan pemenuhnya merupakan Hak Azazi manusia yang di atur oleh UUD 1945,” kata Ampera

Lebih lanjut ampera menambahkan, dalam UU Nomor 18 Tahun 2008 diamanatkan negara wajib mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang mencukupi aman, bermutu, bergizi, dan terakhir seimbang.

Menurut bupati, ketersediaan beras merupakan indikator ketahanan pangan karena beras merupakan bahan makanan pokok bagi masyarakat baik desa maupun kota.

“kita cukup berhasil membangun ketahanan pangan dengan menambah perluasan areal tanam seperti cetak sawah, dan peningkatan produktivitas padi, sehingga barito timur mendapatkan urutan ke 4 dalam penyedia beras di kalimantan tengah,” jelas ampera.

Pemda meningkatkan ketahan pangan dengan mengembangkan penyediaan sumber protein dengan mengembangkan budidaya bidang seperti perternakan, perikanan dan budidaya lainya.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: