Ini Pesan Atu Narang ke 45 Calon DPRD Kalteng Yang Dilantik Besok

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Reinhard Atu Narang mengharapkan kepada pimpinan beserta anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024, agar dapat meneruskan sejumlah pekerjaan yang masih belum dituntaskan, pada periode sebelumnya.

Saat dibicangi awak media, R Atu Narang berpesan, kepada anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 yang akan dilantik besok Rabu 28 Agustus 2019, harus lebih giat dan banyak belajar lagi.

Terlebih, mengingat komposisi anggota DPRD Kalteng yang baru ini, akan didominasi oleh wajah-wajah pendatang baru. Karena, dari 45 anggota DPRD Kalteng periode 2014-2019, yang bertahan hanya ada 10 orang saja, dan sisanya adalah pendatang baru.

“Saya berpesan, anggota yang lama dapat mengingatkan, kepada anggota yang baru, untuk lebih banyak belajar lagi. Karena, di dewan ini harus banyak belajar. Begitupun saya sendiri, meski sudah memiliki pengalaman selama 20 tahun duduk di kursi legislatif, tetap harus banyak belajar lagi,” kata R Atu Narang.

Lanjut R Atu Narang juga mengatakan, Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota legislatif yang baru, biasanya akan diberikan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI). Adapula, Bimtek yang diadakan oleh DPRD Kalteng itu sendiri.

Karena, ketika sudah duduk di kursi legislatif ini, harus memiliki banyak pengalaman. Dan itu, salah satunya dengan mengikuti kegiatan Bimtek.

“Selain itu, saya juga berpesan agar anggota legislatif yang baru, dapat terus menjaga harmonisasi antar pihak eksekutif, yaitu pemerintah daerah Kalteng. Mengingat, pihak pemerintah adalah mitra kerja, yang memiliki tingkatan yang sejajar,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalteng periode 2014-2019, H Heriansyah mengatakan, memang pada mulanya, agak sulit untuk mensinergikan antara legislatif dan eksekutif.

“Karena, saat itu pimpinan daerah yaitu gubernur baru dilantik, dan kami juga baru menjabat. Namun, dengan seiringnya waktu, kamipun bisa mengatasi itu, sehingga akhirnya hubungan harmonis, dapat tercipta,” kata H Heriansyah.

Ia juga berpesan, agar beberapa tugas yang masih belum selesai, dapat diteruskan oleh anggota legislatif DPRD Kalteng selanjutnya.

Seperti, penyusunan sejumlah peraturan daerah (perda) inisiatif, diantaranya berkenaan perda adat, kemudian perda pengendalian karhutla, dan masih ada lagi lainnya.

“Harapan saya, agar penyusunan perda tersebut dapat dilanjutkan dan dituntaskan, pada periode berikutnya. Dan, selain itu berkenaan pengawasan dan penganggaran juga masih perlu ditingkatkan lagi,” tutup Heriansyah.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: