Peserta Penerimaan Mahasiswa Baru UPR Meningkat Signifikan

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No 60 Tahun 2018, tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN, dalam pasal (3) ayat 3 menegaskan.

penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada PTN, selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, juga dapat dilakukan melalui jalur mandiri, secara bersama-sama yang dinamakan program SMM PTN 2019.

Seperti yang dilaksanakan Universitas Palangka Raya (UPR), yang merupakan bagian dari Badan Kerjasama (BKS PTN) wilayah barat, juga menyelenggarakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SMM PTN wilayah Barat Tahun 2019 bersama-sama 36 Perguruan Tinggi Lainya di Wilayah Barat.

Rektor UPR Dr Andrie Elia Embang SE MSi menerangkan, penerimaan mahasiswa baru UPR melalui jalur SNMPTN sudah dilaksanakan pada bulan April 2019. Kemudian, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN juga sudah dilaksanakan pada bulan bulan Mei sampaidengan bulan Juni 2019 lalu.

Dan sekarang, penerimaan mahasiswa baru UPR, yang sedang berlangsung, adalah melalui jalur SMM PTN. Dalam penerimaan mahasiswa baru UPR, melalui jalur SMM PTN tahun ini, tampaknya mengalami peningkatan jumlah peserta pendaftar, hingga 3 kali lipat, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Animo (minat), untuk mendaftar di UPR pada tahun 2019 ini sangat luar biasa. Hal itu terbukti, dengan adanya peningkatan jumlah peserta yang mendaftar di UPR ini, melalui 3 (tiga) jalur tersebut, yakni mencapai 6.000 peserta. Dimana sebelumnya jumlah yang mendaftar hanya ada 2.000 peserta” kata Andrie Elia.

Hal penting lainnya, yang dilakukan UPR kedepan, yaitu akan membangun sarana dan prasarana (sapras), penunjang lainnya. Seperti, pembangunan gedung kuliah 7 lantai, dengan kapasitas ruangan ada sekitar 9.500 ruangan.

Pembangunan gedung tersebut, akan dimulai pada bulan Januari 2020 mendatang. Rencana pembangunan gedung itu, sudah mendapat persetujuan dari Kemenristekdikti dan Bappenas RI, dan itu sudah masuk dalam Diva SBSN, pada tahun 2020. Kita berharap, pada tahun 2021 sudah bisa difungsionalkan.

Pembangunan gedung tersebut, dimaksudkan untuk mengimbangi jumlah mahasiswa baru, dengan kapasitas sapras yang ada. Yang harapannya, dalam sehari dapat menampung 3.000 mahasiswa, yang berkuliah.

“Kita optimis, maka dari itu, saya memberanikan diri untuk menambah jumlah kuota penerimaan mahasiswa 2 (dua) kali lipat, dari periode sebelumnya. Selain itu, kita juga berharap, mahasiswa baru yang diterima ini bisa didominasi oleh peserta yang berasal dari Kalteng,” katanya.

Disisi lain, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Salampak Dohong MSi yang juga selaku Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru UPR mengatakan, peserta penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SSM PTN tahun 2019, ada sebanyak 2.241 orang.

Dimana, terdiri dari peserta kelompok ujian Saintek ada 578 peserta, kelompok ujian Soshum ada 1.570 peserta dan Kelompok Campuran ada 153 peserta.

Sedangkan, jumlah ruangan yang digunakan adalah 66 ruangan, yang tersebar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Fakuktas Kedokteran (FK) dan Fakultas Hukum (FH).

“Penggunaan ruangan, untuk ujian Saintek ada 6 ruangan, ujian Soshum ada 13 ruangan dan ujian ada 47 ruangan. Kemudian, untuk jumlah pengawas yang berasal dari tenaga pendidik dan pramubakti UPR ada 152 orang,” jelasnya.

Ditambahkannya, peserta yang mendaftar melalui jalur SSM PTN ini berasal dari 274 sekolah, yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, untuk hasil ujian penerimaan mahasiswa baru UPR, melalui jalur SMM PTN, akan dibawa dan diperiksa di Unsyiah Aceh, dan diumumkan di Jakarta, pada tanggal 27 Juli 2019.

Selain itu, harapannya jumlah peserta yang dapat diterima bisa mencapai sekitar 1.300 mahasiswa. Harapannya, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui SSM PTN, dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: